2019, UNISMA EKSPANSI KE TIMUR TENGAH

Universitas Islam Malang (Unisma) menunjukkan langkah konkret menuju World Class University. Kemarin (12/11), kampus Hijau ini menggelar seminar optimalisasi perguruan tinggi dalam memperkuat posisi Indonesia terkait kerja sama dengan negara-negara Timur Tengah dan Organisasi Kerjasama Islam (OKI).

Seminar yang menghadirkan Asisten Utusan Khusus Presiden untuk Timur Tengah dan OKI Drs  Dede Achmad Rifai MA serta diikuti 100 peserta. Tak hanya internal Unisma, tapi juga perguruan tinggi NU lainnya di Jawa Timur.

Dalam seminar tersebut, Dede lebih banyak mengulas tips, trik, dan kesempatan bagaimana Indonesia bisa masuk di peluang kerja negaranegara Timur Tengah dan OKI. ”Banyak sektor yang menjadi peluang. Misalnya sektor konstruksi, pelayanan kesehatan, perminyakan dan gas, keuangan, industri, penerbangan, hospitality seperti resto dan hotel, serta pelayanan agama seperti khatib dan imam masjid,” kata Dede.

Sementara itu, Rektor Unisma Prof Dr H Maskuri MSi mengungkapkan semangat Unisma adalah semangat untuk ekspansi. Hingga saat ini, ada 24 negara yang telah menjalin kerja sama dengan Unisma, sifatnya baik degree maupun nondegree. ”Misalnya, dengan Arab Saudi kami sudah bekerja sama terkait strategi pembelajaran bahasa Arab. Mesir dan Libya pun juga sudah bekerja sama. Hal ini menunjukkan bahwa hubungan kita tidak hanya dengan Asia saja, tapi juga wilayah Timur Tengah,” tuturnya.