Accounting Festival FEB Unisma 2019

Program Studi (Prodi) Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unisma kembali menggelar ajang bergengsi Kompetisi Cerdas Cermat Akuntansi (CCA) 2019. Kali ini selain melibatkan kompetisi tingkat SMA, SMK dan MA, juga mengajak serta mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di seluruh Indonesia.

Mengambil tema “ImproveYour Skills In AccountingCompetition and Show You Are Best Generation” untuk pelajar dan bertajuk  “Sustainability Accounting Profession In The Digital Economic Era 4.0” khusus mahasiswa. (19/11)

Dekan FEB Universitas Islam Malang Nur Diana SE MSi mengatakan perkembangan teknologi yang semakin pesat akan meningkatkan penggunaan teknologi pada bidang akuntansi dan audit. Dampaknya, akuntan dan kantor akuntan akan “dipaksa” mengembangkan aplikasi bergerak (mobile) untuk dapat mengakses data secara langsung dari perangkat telepon genggam, tablet dan virtual reality (VR).

“Audit laporan keuangan dilakukan berbasis  real-time dimana regulator dan auditor menarik data yang dibutuhkan secara otomatis langsung dari sistem dan sensor yang melekat pada kegiatan operasional. Sehingga transparansi dan keakuratan data yang dihasilkan dapat dipertanggung jawabkan.” ungkap Dekan FEB.

CCA digelar dengan berbagai ajang kompetisi baik dari tingkat SMA berupa lomba Cerdas Cermat Akuntansi yang diikuti oleh 122 peserta dari seluruh Indonesia. Diawali dari seleksi Online menyisihkan 10 Finalis, yang kemudian dipertandingkan di FEB Unisma. Demikian juga ajang Call for Paper diikuti 78 peserta yang diseleksi lewat online untuk menghasilkan 10 Finalis dari berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia.

Sebelum acara lomba dimulai, dilaksanakan Seminar Akuntansi dengan  Tema Sustainability AccountingProfession In The Digital Economic Era 4.0″ dengan narasumber Dr. Dwiyani Sudaryanti SE, MSi, Akt (Dosen FEB Unisma).

CCA berlangsung seharian penuh.  Hasilnya, juara untuk Cerdas Cermat Akuntansi Tingkat SMK dimenangkan oleh SMK Negeri  1 Turen  Juara 1), SMK Pasirian (Juara 2) . Untuk kategori Tingkat SMA/MAN sebagai Juara 1 dimenangkan oleh MAN 2 Kota Malang. Sedangkan untuk Tingkat Mahasiswa dalam ajang Callforpaper sebagai juara dimenangkan oleh  tim dari Universitas Negeri Semarang, tim dari Universitas Islam Malang dan tim dari Universitas Merdeka Malang.

Share this: