ANGKAT EKONOMI DESA, MAHASISWA UNISMA KEMBANGBIAKAN ULAT SUTRA

Mahasiswa Universitas Islam Malang (Unisma) berdayakan masyarakat dengan mengajak warga Desa Panggung Rejo budidaya ulat sutra. Dengan menyewa lahan rumah kosong mereka membuat proyek percontohan agar masyarakat berminat mengembangkan budidaya dengan prospek ekonomi tinggi.

Menurut Ketua Rumah Kreative Mahasiswa (RKM) Budidaya Ulat Sutra, Addelia Shakilla, bahwa saat berkunjung ke desa ini, banyak lahan kosong. Hingga terbersit gagasan untuk mengoptimalkan pekarangan rumah warga untuk budidaya dengan prospek cerah ini. Hal ini sejalan dengan keinginan Kepala Desa setempat juga ingin menyulap wilayahnya menjadi desa wisata.

“Gayung pun bersambut, kami sepakat menjadikan desa Panggung Rejo dijadikan sentra budidaya ulat sutra. Dengan demikian akan mewujudkan impian menjadi desa wisata edukasi yang mendatangkan income tinggi,” ungkap Addelia, mahasiswa Fakultas Pertanian semester 6 ini.

Ia menjelaskan, budi daya ulat sutra memiliki prospek ekonominya cukup tinggi, secara umum sudah diketahui bahwa sutra itu berdaya jual tinggi. Namun budidaya ulat sutra membutuhkan lahan, yang sesuai dengan syarat pertumbuhannya.

Desa Panggung Rejo Kepanjen Malang memiliki potensi alam yang cocok untuk pertumbuhan ulat sutra. Apalagi banyak teras rumah warga yang bisa digunakan untuk budidaya ini. Sedangkan syarat lingkungan yang diperlukan, kelembaban cukup, suhu yg tidak terlalu panas, bebas dari hama tikus.

Setelah berkembang, RKM Unisma melakukan pendampingan hingga masa panen. Satu periode panen membutuhkan waktu 21 hari. Dimana tim ini sudah melakukan pendampingan hingga dua periode lamanya.

Diharapkan dengan program RKM Unisma ini, Karang Taruna semakin terbuka wawasannya. Demikian pula perekonomian warga, agar meningkat kesejahteraannya. Dengan demikian impian untuk menjadikan Desa Panggung Rejo sebagai Desa Wisata Edukasi sudah hampir menjadi nyata.

Tim RKM Budidaya sutra ini terdiri dari Dhea Alief Rahmasari, Santi Nur Aini, Zuhanid Zamarudah dari Fakultas Pertanian. Ketiganya Semester 6. Sedangkan Valliant Mulky Azzuri dari Fakultas Ilmu Pendidikan dan Keguruan, Semester 4. Dengan dosen pembimbingnya Dr Siti Asmaniyah Mardiyani SP MP.