Bagoes Menjadi Peserta Terbaik 1 Pada Pelatihan PPGD

Dinas Kesehatan Kabupaten Malang menggelar Pelatihan Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD) yang diikuti oleh seluruh Puskesmas Kabupaten Malang, RSUD se Kabupaten Malang, dan Tim PSC dari Dinkes Kabupaten Malang. Kegiatan itu sebagai Implementasi Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT) serta kesiapan operasional Public Safety Center (PSC).

Pada angkatan I, Puskesmas Karangploso mengirimkan tim yang terdiri dari dr. Bagoes Ario Bimo (Alumni FK Unisma Malang angkatan 2007) dan kedua perawatnya untuk mengikuti kegiatan ini di Hotel Aria Gajayana Malang selama tiga hari (8-10 November 2019).

Salah satu pemateri dr. Ari Prasetyadjati Sp. EM memberikan materi tentang Sistem SPGDT, Life Threatening Arrythmia, dan Triage. dr. Suryanto Eko A.N., Sp. Em tentang Kegawatdaruratan Airway dan Kegawatdaruratan Breathing serta yang terakhir materi yang disampaikan oleh dr. Tommy Kristanto, Sp.EM. tentang Circulation dan Resusitasi Cairan. Selain penyampaian materi kepada peserta Tim Instruktur juga melatih Skill dari para peserta diantaranya Airway Management & Ventilation, Cardiac Arrest, serta Acces (intravenous & Intra Oseous).

Pelatihan dilanjutkan dengan sesi diskusi dimana para peserta dibagi menjadi 4 kelompok, dr. Bagoes Ario Bimo tergabung dalam kelompok 3 dan terpilih sebagai Juru Bicara untuk mewakili kelompok tersebut. Kelompok 3 yang diwakili oleh dr. Bagoes Ario Bimo mendapatkan poin sempurna dibandingkan dengan kelompok lainnya. Atas hasil tersebut Tim Instruktur mempercayakan dr. Bagoes Ario Bimo dan dua perawat yang dipilihnya untuk memimpin simulasi Triase dan Initial Assesment yang disaksikan oleh peserta Pelatihan lainnya dengan seksama.

Tiba di penghujung acara, dr. Suryanto Eko A.N., Sp. Em membacakan hasil Tes tulis maupun ujian skills dan menurut penilaian pemateri dr. Bagoes Ario Bimo (Puskesmas Karangploso) terpilih sebagai peserta Dokter terbaik I.

Share this: