Informasi

Unisma Adakan Lomba Keagamaan Pramuka Jawa Timur Terbuka

Jumat, 22 Mei 2015 - 08:43 WIB
Diposting oleh: pardiman - Kategori: Kampus

Unit Kegiatan Mahasiswa Pramuka, Rencana Islam Universitas Islam Malang (Unisma)gugus depan kota malang 04361/04362 tahun ini kembali mengadakan Lomba Keagamaan Pramuka (LKP) Jawatimur Terbuka untuk siswa SMA. Acara ini diulai sejak Kamis sampai Minggu (14-17/5). SMA Muhamadiyah k Karang Asem  Paciran Lamongan dating paling awal dalam mempersiapkan lomba ini.

Mereka berangkat dari lamongan Rabu malam dan tiba di Unisma Kamis dini hari. Wakil pimpinan sangga, Kurniawan Willy (16) mengunggapkan bahwa dirinya bersam 19 temannya dan tiga Pembina dating lebih awal karena banya barang yang mereka bawa. “ Barang terlalu banyak jadi takut telat ,“ jelasnya.

Kurniawan bersama teman – temannya tampak sedang berlatih baris – berbaris dan yel – yel untuk cirri khas kelompok mereka selama perlombaan ini. Selama tiga hari dan dua malam, seluruh siswa juga membuat tenda yang harus selesai pukul 14.00 sebelum pembukaan acara.

Sedangkan ketua dewan Racana kdr 0436, Samsul Khoirun Mukhlis menjelaskan bahwa sebagai peserta yang dating dini hari sudah disediakan penginapan disejumlah fasilitas Unisma.

Siswa SMA saat persiapan yel-yel di Lomba Keagamaan Pramuka (LKP) Jawa Timur Terbuka di Unisma, Kamis (14/5).

Seperti Rusunawa, home stay dan TPQ. “ Kami mengadakan lomba yang berbasis pada perpanduan teknologi, umum dan keislaman sehingga sekolah umum bias bergabung dalam lomba ini,” jelasnya.

Lomba tersebut diantaranya lomba dasar pramuka seperti lomba lintas medan yang berisi sandi, morse, semapor dan pertolongan pertama. Juga ada lomba pioneering 25, lomba ini berupa ketangkasan dan kecepatan peserta dalam membentuk binatang darat atau masjid dari 25 batang tongkat. “ Kami juga adakan pentas dance pramuka uang diadakan sabtu malam dan diikuti 14 peserta,” terang Samsul.

Menurut Samsul yang paling khas dari pramuka di Kota Malang yaitu kerajina tangannya, untuk itu juga diadakan lomba kerajinan tangan dari plastic bekas ataupun botol bekas. “ Ada juga lomba madding tiga dimensi dengan tema pramuka peduli lingkungan,” jelasnya.

Sedangkan untuk bidang keagamaan diadakan lomba merawat jenazah dan lombah qiroah. Menurut Samsul acara yang berlangsung selama tiga hari dua malam ini telah mendapat dukungan penuh dari pihak lembaga. Untuk itu Samsul berharap acara dapat berjalan lancer sampai pembubaran Minggu siang.