Informasi

KREATIF, MAHASISWA UNISMA CIPTAKAN OBAT CACING HERBAL UNTUK AYAM

Minggu, 19 Juni 2016 - 03:41 WIB
Diposting oleh: Humas - Kategori: Kemahasiswaan

Malang- Mahasiswa Universitas Islam Malang (Unisma) tidak henti-hentinya berkarya. Terbaru, melalui Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang didanai Kemrsitekdikti, sebanyak tiga mahasiswa  Unisma menciptakan obat herbal untuk ayam  ternak yang terkena penyakit cacing. Obat itu bernama Tape Kanji yang merupakan singkatan dari Tanaman Pepaya aKar dauN dan biJi.

Ketiga mahasiswa  yang menciptakan obat ini adalah Nur Shofiyah Munawaroh (mahasiswa FMIPA), Anna Wirdiani Fathiah (mahasiswa FMIPA) dan Dimas Hisbullah Huda (mahasiswaa FE).

Menurut Shofi, sapaan Nur Shofiyah Munawaroh obat herbal ini pernah diujocobakan di Desa Kambingan, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang, dan Alhamdulillah membuahkan hasil yang sangat memuaskan. "Pengobatannya cukup dimasukkan ke mulut ayam setelah ditengadahkan," katanya, Jumat (17/6/2016).

Selain itu, obat buatan mereka ini juga tak memiliki efek samping. Obat ini juga berbahan murah. Pengakuan Shofi obat ini diolah dari limbah buah. Limbah itu berupa akar, daun dan biji pepaya. "Dapatnya ya dari ke penjual buah, usaha pembuatan kripik," ungkapnya.

Setelah semua dicuci bersih, bahan-bahan ini kemudian dikeringkan di bawah sinar matahari. Setelah itu, dioven, lalu diblender. Hasilnya kemudian diekstrak, lalu dimasukkan ke dalam kapsul-kapsul.

Setiap botol mereka lalu isi 250 kapsul. Harganya tiap botol dijual murah, yakni Rp 25.000. Sekadar diketahui, harga obat cacing kimia di pasaran biasanya lebih dari Rp 50.000.

Dosen pendamping mereka, Dr Nour Athiroh Abdoes Sjakoer SSi, MKes menambahkan karya mereka akan dipresentasikan di hadapan Tim Monev Kemristekdikti, minggu depan. Semoga tim ini dan tim PKM lainnya dari Unisma dapat lolos di ajang Pimnas dan berhasil menyabet juara.