Informasi

TIM PKM UNISMA SIAP BERKOMPETISI DI AJANG PIMNAS 2016

Kamis, 23 Juni 2016 - 04:25 WIB
Diposting oleh: Humas - Kategori: Kemahasiswaan

Malang -  Universitas Islam Malang (Unisma) terus mendorong pengembangan kreativitas mahasiswanya. Salah satunya melalui Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang dilaksanakan Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Dirjen Belmawa Kemristekdikti). Tahun 2016 ini, Unisma berhasil memperoleh total dana hibah PKM sejumlah 50 juta untuk tujuh tim PKM.

Ketujuh proposal PKM Unisma yang mendapat dana hibah penelitian tersebut mencakup lima bidang, yaitu 3 PKM Kewirausahaan, 2 PKM Penelitian Eksakta, 2 PKM Penelitian Sosial Humaniora. Masing-masing tim PKM tersebut mendapat kucuran dana hibah rata-rata 7,5 juta untuk setiap proposal.

Unisma terus berupaya meningkatkan kualitas tim PKM yang diusulkan ke Kemristekdikti dari tahun ke tahun. Beberapa upaya tersebut antara lain dengan memberikan pengarahan dan bimbingan secara intens pada tim mahasiswa yang akan mengajukan proposal.

Demikian pula dengan tim yang lolos mendapat dana hibah. Selain mendapatkan pelatihan dan bimbingan juga telah dilaksanakan monev internal oleh Unisma pada 15 Juni 2016. Sementara itu, tim PKM Unisma juga telah melakukan presentasi di hadapan Tim Monev eksternal dari Dikti yang berlangsung pada 22 Juni 2016.

Pencapaian kesuksesan ketujuh Tim PKM Unisma ini tidak bisa dilepaskan dari peran empat Dosen Pendamping. Mereka adalah Dr. Noor Athiroh, M.Kes (FMIPA), drh. Nurul Humaidah, M.Kes (Fakultas Peternakan), Jenis Susyanti, S.E., MM (Fakultas Ekonomi), dan Dr. Sri Wahyuni, M.Pd (FKIP). Keempat dosen pendamping tersebut tidak henti-hentinya untuk membimbing mahasiswa Tim PKM hingga sampai pada pelaksanaan Pimnas 26.

Unisma terus mendorong dan mengawal tim PKM yang berhasil didanai ini untuk mempersiapkan diri melaju berkompetisi ke ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-29. Pimnas ke-29 tersebut akan digelar pada 7-12 Agustus 2016. Sebanyak 440 tim program kreativitas mahasiswa (PKM) yang lolos Pimnas dari seluruh Indonesia akan bekumpul dan berkompetisi di Kampus IPB Dramaga. []