Informasi

FKIP UNISMA RESMIKAN PUSAT STUDI LITERASI

Selasa, 09 Agustus 2016 - 08:02 WIB
Diposting oleh: Humas - Kategori: Kampus

Malang. 06/08/16 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Islam Malang (Unisma) meresmikan Pusat Studi Literasi (PSL) untuk meningkatkan minat membaca mahasiswa dan masyarakat luas. Acara peresmian ini dilakukan dengan menggelar Seminar Nasional dengan tema Menjadi Pendidik Kreatif melalui Budaya Literatur.

Dekan FKIP Unisma, Dr. Hasan Busri, M.Pd mengatakan bahwa minat baca mahasiswa masih rendah. “Menurut UNESCO kemampuan literasi masyarakat Indonesia berada pada rangking paling rendah. Hal ini membuktikan bahwa masyarakat Indonesia tidak siap dalam hal kemampuan memahami bacaan dan menulis, oleh karena itu gerakan literasi harus digagas.

Sebagai salah satu lembaga pendidikan tinggi yang bertanggungjawab terhadap perubahan bangsa, Unisma berencana mengembangkan beberapa program lierasi seperti literasi media, literasi sekolah, literasi keluarga dan literasi desa. Ia juga menambahkan bahwa pendidikan literasi dapat diterapkan dimanapun dan kapanpun. Salah satunya dengan membuka ruang baca, disetiap Rukun Warga (RW) misalnya.

Ia juga mengatakan cukup miris melihat fenomena kecanggihan teknologi yang tidak sejalan dengan tingginya minat baca. Berdasarkan analisanya, ketertarikan membaca pada siswa dan mahasiswa di Indonesia cukup memprihatinkan.  “Generasi muda saat ini memang punya pengetahuan IT yang bagus, namun minat baca tidak sejalan dengan pengetahuan umum yang dimiliki sehingga mempengaruhi pengetahuan siswa yang relatif instan.”ujarnya.

Sementara itu, Dr. Ari Ambarwati, M.Pd, Ketua pusat studi literasi Unisma menyampaikan bahwa kasus besar yang memporak-porandakan bangsa adalah akibat kurangnya pengetahuan dan penyerapan informasi. “Masyarakat menjadi mudah terprovokasi satu sama lain, tanpa adanya klarifikasi dan mencari tahu informasi sebelumnya” Tutupnya. (nin)