Informasi

TIM PKM-K UNISMA TEMBUS PIMNAS KE-29 DI IPB

Kamis, 11 Agustus 2016 - 12:50 WIB
Diposting oleh: Humas - Kategori: Kemahasiswaan

BOGOR –Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-29 tahun 2016 ini digelar di Institut Pertanian Bogor (IPB), mulai tanggal 8-12 Agustus. Perhelatan akbar yang digelar setiap tahun ini diikuti ribuan mahasiswa dari 145 perguruan tinggi di Indonesia. Tidak ketinggalan, mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Islam Malang (Unisma) juga turut tercatat sebagai salah satu perguruan tinggi yang aktif lolos seleksi dalam ajang Pimnas.

Kegiatan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional ke-29 yang dikemas dalam tema “Dengan Semangat Kebersamaan dan Persatuan, Mahasiswa Indonesia Menciptakan Karya Kreatif dan Inovatif untuk Kejayaan Bangsa” ini merupakan muara dari ekspresi kreativitas para ilmuwan dan entrepreneur muda yang berasal dari kampus-kampus di Indonesia, termasuk mahasiswa kampus Unisma Malang. Pimnas juga sebagai ajang forum ilmiah dan komunikasi produk kreasi serta sarana silaturahmi antar mahasiswa di Indonesia melalui penyajian karsa, cipta, teknologi, penelitian dan karya dari Program Kreativitas Mahasiswa (PKM).

Pimnas merupakan ajang tahunan yang menjadi wadah para mahasiswa menuangkan kreativitasnya. Pimnas kali ini akan diikuti 440 tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang lolos dari seluruh Indonesia. Tahun ini, tim mahasiswa Unisma yang berhasil lolos Pimnas berasal dari mahasiswa Fakultas Ekonomi Unisma, 4 mahasiswa.

Mereka tergabung dalam kelompok PKM Kewirausahaan (PKM-K), Ulfatul Munawaroh, Ilmiatul Hasanah, Ainnur Rofiq, Friyan Dwi Kristanto. Mereka antusias untuk mempresentasikan karyanya yang berjudul “Jadian Yok Cah Malang”. Judul ini merupakan singkatan dari “Jam Dinding Anti Penyok dan Pecah Khas Malang”.

Dosen Pendamping PKM-K, Jeni Susyanti, S.E., M.M, BKp, menuturkan pihaknya berharap mahasiswanya itu mampu meraih hasil positif dalam Pimnas. Berprestasi di ajang tersebut tentu akan mengharumkan nama kampus Universitas Islam Malang. “Mohon doa dan restunya kepada mahasiswa FE Unisma. Semoga mereka mendapatkan pengalaman yang terbaik yang sangat berharga ini untuk bekal meraih cita-cita ke depan,” ucap dia yang juga merupakan Ketua Pusat Pengembangan Bisnis Unisma.

Terpisah, Rektor IPB, Prof. Dr.  Herry Suhardiyanto mengharapkan “Mudah-mudahan Pimnas ke-29 menghasilkan berbagai karya mahasiswa yang kreatif, inovatif dan solutif bagi berbagai permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat dan bangsa kita. Saya berharap Pimnas ke-29 akan menjadi tonggak sejarah penyempurnaan sistem penyelenggaraan PKM dan Pimnas untuk mewujudkan PKM dan Pimnas yang lebih baik”.

Kali ini, seluruh rangkaian kegiatan Pimnas ke-29 dilaksanakan di Kampus IPB, Darmaga, Bogor. Pimnas ke-29 tahun 2016 akan diikuti 460 kelompok PKM yang berasal dari 145 perguruan tinggi seluruh Indonesia. Selain mahasiswa, Pimnas ke-29 juga akan dihadiri dosen pembimbing PKM, pimpinan perguruan tinggi, dewan juri dan panitia pusat, 300 orang pendukung kontingen dan 1.250 panitia.