Informasi

UNISMA HELAT LOMBA KEAGAMAAN PRAMUKA

Rabu, 31 Agustus 2016 - 13:03 WIB
Diposting oleh: Humas - Kategori: Kemahasiswaan

 Universitas Islam Malang (Unisma) kembali menggelar lomba Keagamaan Pramuka se-Jawa Timur. Acara yang digelar 25-28 Agustus ini diikuti 340 peserta dari sekolah SMA/MA dan SMK sederajat. Terdiri dari 20 pangkalan pramuka, 20 sangga putra dan 20 sangga putri. Seperti tahun sebelumnya, Unisma menyiapkan 10 mata lomba yaitu kaligrafi, MTQ, Karya Tepat Guna Pioneering, Merawat Jenazah, Tadabur Alam, Kolone Tongkat, Smart Deft, Pentas seni drama, dan akhi ukhti LKP 2016.

Wakil Rektor III Unisma, Dr. Ir. H. Badat Muwakid, MP mengatakan pada dasarnya nilai pramuka adalah melatih individu untuk bermasyarakat dan dapat melatih masing-masing individu agar memiliki jiwa kepemimpinan. “Salah satu dari kegiatan lomba yakni merawat jenazah, lomba tersebut merupakan bagian dari kegiatan bermasyararakatan.”tuturnya. Menurutnya merawat jenazah memiliki sisi relevansi sebagai media dalam bermasyarakat sekaligus menjadi salah satu pembuktian apabila nilai keagamaan dapat diterapkan pada pramuka.

“Kami berkomitmen khususnya di Unisma, Pramuka tidak hanya ada, tetapi juga harus berkembang.”tegasnya. Menurutnya Pramuka dapat memacu meningkatnya kompetensi mengajar guru, terutama ketika guru mulai terjun dalam kegiatan masyarakat. “Semoga ketika lulus, dosen Unisma mrenjadi dosen yang berkompeten, karena hal itu merupakan salah satu butir yang wajib dimiliki pendidik.” Ujarnya.

Salah satu siswa asal MAN Lamongan, Muhammad Riski mangatakan, dia datang bersama 19 teman satu timnya mengikuti seluruh kategori lomba. Soal persiapan, Riski mengaku siap karena jauh hari sudah berlatih bersama pembina di sekolahnya.“Awalnya memang susah, tapi sekarang sudah tahu langkah-langkah merawat jenazah. Tapi saya belum pernah mempraktikkan di lingkungan masyarakat langsung,” kata Riski  (nin)