Informasi

HALAQOH DINIYAH, TINGKATKAN GENERASI CINTA AL QURAN

Jumat, 09 September 2016 - 11:00 WIB
Diposting oleh: Humas - Kategori: Kampus

Malang. 08/09/16 Setelah dilaksanakannya Orientasi Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (Oshika Maba) selama tiga hari, kemudian dilanjutkan dengan halaqoh diniyah yang merupakan kegiatan wajib bagi maba Unisma. Halaqoh Diniyah merupakan sebuah program bimbingan akhlak keagamaan, pengetahuan tauhid, karakter, dan etika bergaul di lingkungan kampus. Sebanyak 3.721 mahasiswa baru Unisma tahun akademik 2016/2017 mengikuti acara ini selama 3 hari mulai tanggal 8-10 September 2016.

Rektor Unisma, Prof Dr. H. Maskuri dalam sambutannya mengatakan bahwa civitas akademika harus gigih dalam menegakkan agama, harus menjadi generasi yang cinta Al Quran. “Kita harus bisa menjadi pribadi yang cerdas dan tidak arogan, selalu berdoa dan selalu mengingat Allah.”tuturnya. Ia ingin menargetkan semua mahasiswa bisa membaca Al Quran. “Bagi yang belum bisa membaca, jangan malu untuk belajar membaca Al Quran.”ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Lembaga Pengkajian Islam dan Keaswajaan Unisma, Drs. H. Ali Ashari, M.Pd menyampaikan bahwa Unisma bukan saja mengembangkan amanat akademis tapi juga ideologis Islam. “Diharapkan output Unisma tidak hanya pintar dalam sisi akademik tapi bagus juga dalam kompetensi religius,” ujarnya

Selain itu ia menegaskan, program Halaqoh Diniyah bukan semata-mata program orientasi, tapi merupakan pintu kelulusan mahasiswa. Tanpa sertifikat Halaqoh, mahasiswa tidak bisa lulus.Dalam program Halaqoh, mahasiswa akan dipetakan berdasarkan kemampuan baca Alquran. Selanjutnya mereka akan dibimbing hingga bisa membaca Alquran, lalu mereka mengikuti pendalaman keislaman. (nin)