Informasi

PERKUAT SDM ANGGOTA, KSR-PMI UNISMA AKTIF LATIHAN GABUNGAN SE-MALANG RAYA

Senin, 10 Oktober 2016 - 19:27 WIB
Diposting oleh: Humas - Kategori: Kampus

MALANG – Unit Kreativitas Mahasiswa (UKM) Korp Suka Rela Palang Merah Indonesia (KSR-PMI) Unit Universitas Islam Malang (Unisma) terus bertekad meningkatkan kemampuan para anggotanya. Selama 2 hari, tim dari KSR-PMI Unisma bergabung dalam Latihan gabungan KSR PMI tingkat universitas yang digelar di bumi perkemahan coban talon pada sabtu tanggal 17-18 September 2016. Kegiatan yang dimotori oleh KSR-PMI Unit Politeknis Kesehatan (Poltekes) Malang ini diikuti beberapa mahasiswa perguruan tinggi se-Malang Raya yang tergabung dalam UKM KSR-PMI.

Dalam pelaksanaan ini banyak rangkaian acara yang dilakukan, di mulai pada hari sabtu (17/9) dengan apel pagi bersama yang bertempat di student center  Politeknik Kesehatan Malang. Pada kesempatan apel pagi kali ini para peserta latihan gabungan diberi pembekalan dan gambaran yang akan dilaksakan pada latihan gabungan. Selanjutnya pemberangkatan dilakukan ke coban talon. Sesampai di bumi perkemahan coban talon dilakukan pengecekan peserta terlebih dahulu, lalu dilanjutkan dengan kegiatan lainnya seperti pembentukan kelompok latihan dan evakuasi.

Serangkain kegiatan lainya masih dilakukan di hari yang sama, seperti latihan simulasi bencana alam, bagaimana teknik dan cara menolong korban, mulai dari naik turun tebing, pagar tembok, dan lain sebagainya. Hal ini sangat bermanfaat bagi seluruh peserta latihan gabungan selain menambah pengetahuan terjun langsung di lapangan.

Semua rangkaian kegiatan ini dipantau langsung oleh tim elit PMI Kota Malang dengan tujuan terciptanya skill kepalangmerahan khususnya di bidang evakuasi. Selain itu, kegiatan ini juga untuk memberikan pengatahuan lebih tentang penanganan bencana alam dan cara menangulanginya, melatih ketangkasan dalam bekerja secara  siap, sigap dan tanggap.

Dalam kegiatan latihan gabungan ini, setiap peserta benar-beanar dikenalkan dengan baik dan teliti apa yang harus dilakukan saat menolong korban bencana mulai dari hal paling kecil hingga hal yang mungkin di luar dugaan yang terjadi.  Nur Habibie, plt Ketua UKM KSR-PMI Unisma menyatakan kegiatan ini penting terus dilaksanakan setiap tahunnya. "Kami terus akan meningkatkan kemampuan teman-teman mahasiswa Unisma yang tergabung dalam UKM KSR-PMI", ujarnya. []