Informasi

KOPMA ILHAM RAMADHAN UNISMA RAIH PRESTASI DALAM JAMKOPMANAS 2016

Senin, 17 Oktober 2016 - 05:32 WIB
Diposting oleh: Humas - Kategori: Kampus

SURAKARTA- Jambore koperasi Mahasiswa Nasional (Jamkopmanas) merupakan even besar berskala nasional yang diadakan setiap tahun. Acara ini merupakan salah satu upaya strategis untuk meningkatkan eksistensi koperasi dalam persaingan global dan pengaderan dalam diri mahasiswa agar di kemudian hari dapat menjadi penerus bangsa yang berjiwa koperasi serta dapat menjadi roda penggerak koperasi. Salah satu tujuan diselenggarakan kegiatan ini adalah dalam meningkatkan kualitas dan kapasitas pemuda aktivis Kopma sebagai generasi penerus bangsa.

Tahun ini Jamkopmanas diselenggarakan pada tanggal 6-9 Oktober 2016 di Universitas Sebelas Maret Surakarta dengan peserta sebanyak 49 tim dari berbagai Koperasi Mahasiswa di Seluruh Indonesia. Dengan tema “Makarya Agunging Budaya Lumantar Jejeging Saka Guru Bangsa”. Tema ini mengisyaratkan bahwa sebagai pemuda aktivis koperasi mahasiswa harus mampu berkarya dengan kebesaran budaya selaras dengan kokohnya perkoperasian Bangsa Indonesia.

Untuk pertama kalinya setelah empat tahun berlangsungnya ajang nasional ini, UKM Koperasi Mahasiswa (Kopma) Ilham Ramadhan Universitas Islam Malang mengirimkan kontingennya, yaitu Muhammad Faisol Efendi (Fakultas Ekonomi), Debby Dwi Damayanti (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan), Rizka Rosita (Fakultas Ekonomi).

Acara diawali dengan pembukaan Jamkopnas 2016 melalui Seminar Nasional “Set Your Mind Be Creative and Pull UpYour Best Future” yang diisi oleh Ketua Harian Dekopin, GM Channel And Business Development Tapp Indonesia, Ada Ide Aja Creativepreneur dan dibuka oleh Rektor UNS di aula gedung FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta

Berbagai kompetisi diselenggarakan di sejumlah lokasi terpisah, yaitu di Gedung F Seminar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNS, Student Center UNS, dan Taman Balekambang Solo.Rangkaian kegiatan Jambore Kopma Nasional 2016 di antaranya adalah Seminar Kebudayaan dan Koperasi, Lomba Cerdas Cermat Koperasi, Lomba Kreasi Batik, Lomba Cipta Jingle Koperasi Mahasiswa, Lomba Transformasi Koperasiku, Lomba Duta Koperasi dan Wisata Kota Solo.

Dari berbagai kompetisi tersebut, UKM Kopma Ilham Ramadhan UNISMA meraih juara 3 Lomba Kreasi Batik. Dimana batik malangan dikreasikan menjadi setelan baju anak dengan metode jahit tangan. Adapun juara umum dalam Jamkopmanas tahun 2016 adalah Bumi Siliwangi Universitas Pendidikan Indonesia (BS UPI). Walaupun pada kesempatan kali ini Kopma Ilham Ramadhan tidak menjadi juara umum, akan tetapi pencapaian yang luar biasa berada pada urutan ke-11 merupakan tolak ukur UKM Kopma Ilham Ramadhan Unisma untuk dapat terus meningkatkan pengembangan sumber daya anggotanya.

Dengan Kejuaraan ini, UKM Kopma Ilham Ramadhan Unisma mampu membuktikan eksistensinya sebagai Unit Kreativitas Mahasiswa berprestasi di Lingkungan Kampus Universitas Islam Malang. Harapan untuk UKM Kopma Ilham Ramadhan Unisma ialah dapat menjuarai lebih banyak cabang lomba bahkan dapat menjadi tuan rumah pada Jamkopmanas tahun berikutnya.[]