Informasi

KEMBANGKAN KADER ENTREPRENEUR, UKM KOPMA GELAR DIKLATSAR KE-XIV

Rabu, 30 November 2016 - 07:56 WIB
Diposting oleh: Humas - Kategori: Kampus

Malang -  Minggu (27/11/2016). Salah satu Unit Kreativitas Mahasiswa (UKM) yang ada di Universitas Islam Malang (UNISMA), UKM Koperasi Mahasiswa (KOPMA) Ilham Ramadhan, menggelar kegiatan diklat dasar perkoperasiaan ke XIV. Kegiatan yg dihadiri oleh 83 peserta, 38 panitia serta 17 tamu undangan ini digelar di Gedung Al-Asy’ari Universitas Islam Malang.

Kegiatan Diklat dasar perkoperasian UKM KOPMA “Ilham Ramadhan” Unisma ini merupakan kegiatan rutin setiap tahun yang wajib diikuti setiap calon anggota baru. Salah satu misi kegiatan yang ingin dikembangkan UKM KOPMA “Ilham Ramadhan” UNISMA adalah ingin menumbuhkembangkan jiwa kewirausahaan sesuai dengan tema yang diambil yaitu “Membangun Generasi Koperasi Berjiwa Entrepreneur”.

“Sebenarnya bentuk usaha yang cocok untuk diterapkan di Indonesia adalah usaha yang seperti koperasi, karena apa? dalam koperasi menerapkan sistem sosial. Segala sesuatunya dilakukan secara gotong royong dan kekeluargaan”, ujar Bapak H. Noor Shodiq Askandar, SE, MM selaku pemateri sekaligus Wakil Rektor II Universitas Islam Malang.

Seperti yang telah dipaparkan oleh Bapak M. Khoirul ABS, SE., MM bahwa “Jati diri koperasi adalah ruh yang merupakan nilai-nilai dasar untuk mengembangkan koperasi”. Jadi  jati diri koperasi merupakan nilai-nilai dasar untuk mengembangkan koperasi dalam rangka  untuk menggerakkan ekonomi rakyat. Sebagai generasi penerus bangsa kita harus membangun komitmen dan optimisme dalam koperasi serta lebih meningkatkan koperasi baik itu dari kualitas koperasi itu sendiri maupun dari sumber dayanya.

Diklat dasar perkoperasian dan kewirausahaan ini lebih cenderung terhadap pengasahan hard skill, karena peserta diberi pengetahuan tentang Kelengkapan Organsisasi Mahasiswa (Setyo Adi Saputro, S.Pd - AKMM.), Ideologi dan Kapitalisme Koperasi (Ir. Imbar Wincoko – Dinas Koperasi), Keunismaan dan Keadministrasian (Abdul Halim Fathani, M.Pd - UNISMA), Entrepreneur Muda Berbudaya Koperasi (H. Noor Shodiq Askandar, SE, MM - UNISMA.), dan Perkembangan Koperasi dan Organisasi Koperasi di Indonesi maupun di Dunia (Khoirul Anwarudin BS. SE., MM. ) yang kesemuanya itu merupakan hal yang sangat penting bagi dasar pengetahuan sebelum akhirnya terjun langsung menjadi anggota koperasi.

Pada kegiatan kali ini juga didatangi oleh teman-teman koperasi mahasiswa kampus lain untuk sarana bersilaturrahim dan menjaga kekeluargaan antar anggota dan pengurus koperasi mahasiswa khususnya di Kota Malang.

Kegiatan yang dibuka oleh Bapak Dr.Ir.H. Badat Muwakhid, MP selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Keagamaan, dan Publikasi pada jam 07.00 WIB ini dapat berjalan dengan lancar hingga pukul 16.00 WIB. Walaupun dengan keadaan yang sudah lelah namun dapat dihidupkan dengan adanya pemateri-pemateri hebat yang dapat menghidupkan suasana. Tidak hanya itu, materi yang disampaikan pun sangat berbobot sehingga ilmu yang disampaikan tidak hanya menjadi pelajaran untuk peserta namun juga panitia.[]