Informasi

PERINGATI BULAN BAHASA, HIMAPRODI PBSI UNISMA GELAR WORKSHOP PENULISAN NOVEL

Senin, 19 Desember 2016 - 16:36 WIB
Diposting oleh: Humas - Kategori: Kampus

Malang –Himpunan Mahasiswa Program Studi (Himaprodi) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Universitas Islam Malang (Unisma) menggelar workshop penulisan novel. Acara yang dilaksanakan pada Sabtu (17/12/2016), di Hall Oesman Mansoer gedung Al-Hanafi (twin C) berlangsung dari pukul 08.30-14.50 WIB. Mengangkat tema “Bahasa indonesia Sebagai Tonggak Peletak Sejarah dan Arah Masa Depan Bangsa Indonesia” dengan menghadirkan langsung novelis Indonesia, Langit Kresna Hariadi.

Dihadiri pelajar maupun mahasiswa yang berasal dari program sarjana dan program pascasarjana. Acara ini dibuka langsung oleh Dr. Hasan Busri, M.Pd selaku Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unisma membuka acara dengan harapan pemateri dapat membakar semangat dan memandaikan mahasiswa dalam menulis. Pernyataan itu selaras dengan sambutan Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI), Mohammad Badri, S.Pd,. M,Pd.

Selama tiga jam Langit Kresna Hariadi memberikan pelatihan penulisan novel kepada pelajar, mahasiswa, maupun dosen. Kedatangan Langit Kresna Hariadi yang kedua di Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ini adalah serangkaian kegiatan peringatan Bulan Bahasa. Dalam paparannya Langit menjelaskan bahwa menulis novel adalah caranya mencari uang. “Seorang pengarang harus mampu mengolah rasa yang dialaminya menjadi bernyawa.” Tegasnya. Pengarang dituntut untuk dapat menghidupkan cerita dengan narasi-narasi yang lebih terkesan dan bermakna.

“Saya sangat senang bisa hadir dalam workshop penulisan novel ini, sehingga saya lebih tertarik untuk membuat novel. Saya lebih mengerti aturan-aturan pada waktu pembuatan novel. Melalui workshop ini menyakinkan saya bahwa menulis novel tidak semudah apa yang kita bayangkan tapi, tidak terlalu sulit untu kita lakukan.” Kata Fina, mahasiswa semester satu Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. (usr/ahd)