Informasi

UKM JQH UNISMA SIAP WUJUDKAN PRIBADI QURANI

Senin, 19 Desember 2016 - 16:51 WIB
Diposting oleh: Humas - Kategori: Kampus

Malang – Unit Kreativitas Mahasiswa Jam’iyyatul Qurra’ wal Huffadz (UKM JQH) Universitas Islam Malang (Unisma), telah menggelar diklat bagi anggota baru ke-IX dengan mengusung Tema “Meraih Ridlo Ilahi dengan Pribadi Qur’ani”. Kegiatan diklat yang dilaksanakan sejak 16-18 Desember 2016 ini diikuti oleh 180 peserta yang dilaksanakan di Pondok Tahfidz Yanbu’ul Qur’an, Kudus Jawa Tengah.

Diklat ini merupakan kegiatan rutin setiap tahun yang wajib diikuti oleh semua Calon Anggota baru UKM JQH Unisma. Salah satu tujuan diadakannya diklat ini adalah untuk menumbuhkan rasa pribadi Qur’ani pada setiap mahasiswa.

Diklat yang dilaksanakan selama 3 hari ini berjalan dengan sangat baik. Diawali dari pemberian materi tentang Metode Yanbu’a, metode menghafal Qur’an, yang disampaikan langsung oleh pengasuh pondok, KH. Dr. Abdul Faiz Lc. M.A membuat pengetahuan peserta semua semakin luas tentang metode-metode yang ada Indonesia. Apalagi ketika melihat anak-anak dengan usia yang masih sangat dini telah lancar bahkan telah menghafalkan Al-Qur’an.

“Subhanallah” itulah salah satu yang bisa keluar dari mulut kami semua ketika melihat dan mendengar langsung sahutan lantunan Ayat Suci Al-Quran yang sangat lancar dibaca oleh ketiga hafidz cilik yang bernama Rafi, Bisma dan Husain. Hampir semua peserta diklat termasuk panitia ingin meneteskan air mata mengetahuinya. Anak dengan usia sangat dini yang notabenya bermain dan bermanja dengan orang tua masing masing, tapi mereka telah mengemban tugas menjadi orang–orang pilihan Allah SWT.

Setelah tuntas dari kegiatan di pondok Tahfidz Yanbuul Quran, peserta diklat melanjutkan dengan berziarah ke makam para wali di sekitar daerah pondok, di antaranya: Sunan  Kudus dan Makam mbah Kiyai Arwani. Meskipun hujan mengguyur kudus di waktu tersebut dengan semua kelelahan nampak di wajah semua peserta dan panitia, tapi semua tetap bersemangat berjalan kaki menapaki jalan menuju Makam Mbah Kiyai Arwani dan Sunan kudus. “Alhamdulillah semua lokasi telah kami kunjungi dengan lancar”, demikian kata Taufiq, Ketua UKM JQH.

Ketua Umum JQH UNISMA berharap semoga dengan diklat k-IX UKM JQH UNSIMA dapat meningkatkan minat dan bakat mahasiswa unisma khususnya untuk semakin mencintai Al-Qur’an dan berprestasi di bidang Al-Qur’an pula.

“Semoga dengan diadakannya Diklat ke-IX UKM JQH UNISMA tahun 2016 dapat meningkatkan rasa cinta mahasiswa terhadap Al-Qur’an, menumbuhkan rasa cinta terhadap UKM JQH UNISMA sendiri dengan rasa saling memiliki, karena kita semua satu keluarga dan tentunya dapat mengharumkan nama Universitas Islam Malang” sahut Moh. Ibnu Masrur selaku ketua Pelaksana.[]