Informasi

CETAK GENERASI UNGGUL BERKARAKTER KUAT, UKM KOPMA GELAR DIKLAT ALAM KE-II

Rabu, 21 Desember 2016 - 06:29 WIB
Diposting oleh: Humas - Kategori: Kampus

Batu -. Salah satu Unit Kreativitas Mahasiswa (UKM) yang ada di Universitas Islam Malang (UNISMA), UKM Koperasi Mahasiswa (KOPMA) Ilham Ramadhan, menggelar kegiatan Diklat Dasar Koperasi (DIKSARKOP) lanjutan berbasis alam ke-II. Diklat yang didesain berbasis alam ini dilaksanakan di Wana Wisata Bumi Perkemahan Coban Talun, Batu. Kegiatan yang digelar selama 3 hari (16-18 Desember 2016) ini dihadiri oleh 83 peserta, 38 panitia serta 25 tamu undangan.

Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin setiap tahun yang wajib diikuti setiap calon anggota baru, yang merupakan mahasiswa Unisma dari berbagai angkatan, mulai angkatan 2014, 2015, dan 2016. Kegiatan ini menjadi prasyarat mereka untuk menjadi anggota kader dan pengurus UKM Koperasi Mahasiswa.

Salah satu misi dan menjadi tujuan yang ada dalam kegiatan UKM Koperasi Mahasiswa “Ilham Ramadhan” unisma adalah ingin menumbuhkembangkan karakter dan mental yang kuat sebagai anggota yang tertanam kuat sejak mereka masuk di UKM Kopma Ilham Ramadhan. Loyalitas dan rasa memiliki menjadi harapan yang tersirat di dalam diklat lanjutan ini. Sebagaimana kita tahu bahwa menjadi seorang wirausaha itu harus mempunyai keberanian dalam segala hal. Itulah kata sambutan dari Ketua Umum UKM KOPMA Ilham Ramadhan UNISMA, Nur Hasan Aripin.

Seperti yang disampaikan oleh Bapak M. Khoirul ABS, SE., MM selaku Pembina UKM KOPMA Ilham Ramadhan dalam sambutannya yang sekaligus membuka kegiatan ini bahwa “Penanaman karakter kepemimpinan yang diimbangi dengan IMTAQ akan menjadikan ruh dalam menciptakan pemimpin idaman masa depan”.

 Kegiatan DIKSARKOP lanjutan berbasis alam ke-II ini lebih cenderung terhadap pengasahan hard skill & Soft Skill anggota, karena kreativitas dan bakat peserta diasah dalam kegiatan Mini Jambore Koperasi yang di dalamnya ada Pemilihan Putra & Putri KOPMA, Pembuatan Poster 3D, Pembuatan Kreasi dari kain Perca, Jigle, dan malam unjuk bakat atau talenta dari semua peserta. Selain itu outbond seperti Futsal, senam pagi dan Game yang melatih kekompakan mereka dan jiwa bekerjasama antara anggota satu dan yang lainnya. Kesemuanya itu merupakan hal yang sangat penting bagi dalam mengantarkan proses mereka sebagai anggota yang nantinya akan mengembangkan KOPMA sebagai wadah dalam memperbaiki perekonomian negeri.

Di malam terakhir kegiatan, semua peserta diberikan tantangan untuk melatih jiwa leadership dan menguji mental mereka dalam kegiatan Jelajah Malam. Seluruh peserta di kumpulkan untuk mengikuti prosesi pembaiatan dan pengukuhan anggota dengan melakukan sumpah calon anggota baru dan diakhiri dengan prosesi Penciuman bendera merah putih sebagai lambang Negara Indonesia dan bendera KOPMA sebagai lambang organisasi. Kegiatan ini bertambah khidmad tatkala dibarengi dengan menyanyikan lagu syukur bersama–sama.

Pada kegiatan kali ini, hadir juga anggota koperasi mahasiswa dari perguruan tinggi lain. Tentu, kedatangan meraka ini menjadi sarana bersilaturrahmi dan menjaga kekeluargaan antar anggota dan pengurus koperasi mahasiswa antar perguruan tinggi khususnya di Malang Raya. []