Informasi

Kuliah Tamu Alumni FE Unisma Sambang Kampoes

Sabtu, 31 Desember 2016 - 09:51 WIB
Diposting oleh: Humas - Kategori: Kampus

Meningkatkan Profesionalisme Mahasiswa Yang Berdaya Saing

Profesionalisme yang tinggi dan berdaya saing adalah dua hal yang dibutuhkan dalam dunia bisnis  saat ini, karena mau tidak mau dunia bisnis akan dihadapkan pada tantangan besar di tahun 2016, yaitu era perdagangan bebas. Jika model perdagangan bebas benar-benar terlaksana, maka secara ekonomi, Indonesia dengan 230 juta rakyatnya adalah pasar potensial. Persiapan membentuk  lulusan  yang professional dan berdaya saing tinggi harus dilaksanakan oleh semua pihak dan sedini mungkin. Organisasi mahasiswa Fakultas Ekonomi  memiliki fungsi utama pendidikan, advokasi dan  pengabdian terhadap masyarakat, akan membantu meningkatkan hard skill (kemampuan akademis) dan soft skill (kemampuan sosial manajemen) mahasiswa sehingga diharapkan ke depannya akan terbentuk lulusan  yang bukan hanya memiliki keilmuan yang tinggi, tetapi juga kekreatifitasan, kepemimpinan, kemampuan hubungan sosial, dan manajemen yang baik. Terkait dengan problem mendasar tersebut maka  dalam  rangkaian kegiatan Alumni  Fakultas Ekonomi Unisma Sambang Kampoes yang digelar pada tanggal 24-25 Desember 2016, Fakultas Ekonomi Universitas Islam Malang Mengadakan Kuliah Tamu dan Open House bagi alumninya. Salah satu kegiatan yang menarik adalah Kuliah Tamu  dengan tema  Meningkatkan  Profeionalisme Mahasiswa yang Berdaya Saing dengan menghadirkan  2(dua)  Narasumber dari alumni FE Unisma yaitu Muhammad Muljadi SE, MM ( Head Finance PT Iroha Sidat Indonesia) dan Muhammad Rifa’i( Treasurer AFA Asia).

Dalam sambutannya Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Islam Malang, Nur Diana SE, MSi menyatakan bahwa kegiatan alumni FE Unisma sambang kampoes merupakan momen penting  yang harus diwadahi oleh fakultas Ekonomi Unisma, karena dengan kegiatan ini FE menggelar serangkaian kegiatan diantaranya Tracer study , kuliah tamu dari alumni buat almamater sebagai pengguna, ajang silaturrahmi dan perekrutan karyawan. Untuk itu beliau menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada Alumni FE unisma yang sangat peduli terhadap perkembangan Fakultas Ekonomi, terbukti pada ajang ini jumlah alumni yang hadir  membludak dan alumni peduli terhadap upaya –upaya FE untuk mengembangkan hardskill dan softskill mahasiswa dengan mau menularkan ilmunya kepada mahasiswa agar lebih professional dan berdaya saing. Yang menarik dari kegiatan ini adalah disela –sela acara ajang silaturahmi dan Kuliah Tamu, para alumni melakukan perekrutan tenaga kerja bagi  lulusan Fakultas Ekonomi. Hal  yang patut diapresiasi dari ajang alumni FE Unisma  Sambang Kampoes  adalah kegiatan penuh keakraban, sederhana, ringkas, tidak terlalu formil tetapi rangkaian kegiatannya padat.

Acara Kuliah tamu yang dihadiri sekitar 100 mahasiswa  yang berkecimping dalam organisasi kemahasiswaan yang ada di lingkungan Fakultas Ekonomi Unisma ini diharapkan dapat meningkatkan peran organisasi mahasiswa dalam dunia ekonomi dan bisnis khususnya dalam peningkatan profesionalisme dan daya saing  lulusan  serta peran kepemimpinan, maka sudah seharusnya Organisasi mahasiswa  Fakultas Ekonomi baik yang berbentuk Himpunan, Badan Eksekutif dan Legislatif beserta seluruh turunan BO dan BSO nya  dapat merasakan fungsi-fungsi organisasi mahasiswa secara konkret, karena fungsi-fungsi tersebut tidak akan pernah optimal terasakan oleh mahasiswa Fakultas Ekonomi dan bisnis bila tidak digerakkan oleh mahasiswa Fakultas ekonomi sendiri.(Humas FE Unisma)