Informasi

FK UNISMA GELAR DIKLATSAR IX

Selasa, 07 Februari 2017 - 13:43 WIB
Diposting oleh: Humas - Kategori: Kampus

119 mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang (UNISMA) dilatih dalam penanganan Medical Rescue Team. Dalam pendidikan tingkat dasar ( DiklatSar) IX yang dimulai tanggal 29 Januari sampai 9 febuari tersebut,para mahasiswa telah menjalani penggemblengan indoor dan outdoor.

"Untuk pengetahuan indoor yang diberikan mengenai kegawatdaruratan medis seperti, Basic Life Suport yang disampaikan oleh spesialis emergency Medicin, evakuasi bencana, serta berbagai pengetahuan terkait dengan survive, ungkap Afnan nurman dwiwijaya ketua panitia pada Duta Masyarakat (Senin,6/2/2017) di ruang seminar ruang seminar KH Oesman Mansoer Unisma, Malang. 

Disamping itu,dalam Diklatsar IX ini, juga disampaikan materi nasionalisme serta keagamaan dengan pengasuh pondok pesantren FK Unisma. "Dalam diklatsar ini juga, bekerjasama dengan PMI Kota Malang dan BASARNAS,"ujarnya.

Selanjutnya Diklat akan digelar dialam terbuka yang akan di pusatkan di wana wisata Coban Rondo, imbuhnya. Sementara itu Prof.DR.Junaedi  Wakil Rektor 1 Unisma dalam sambutannya mengatakan,Indikator dari peserta Diklat ini adalah memiliki jiwa yang peka pd lingkungan , dan kemauan utk menolong.

"Kedua sikap peka itu dimiliki banyak orag dan kita juga mau menolong, namun kita tdk tau cara menolong,"ungkapnya. Dalam Diklat ini merupakan Basic dari pembentukan mental dokter muslim. "Unisma kedepan berkeinginan untuk punya lulusan dokter muslim yang bisa mengabdikan diri pada masyarakat," jelasnya.

Dekan Fakultas Kedokteran Unisma, dr. H.R.M. Hardadi Airlangga, SP. Pd menyatakan diklatsar yang digelar merupakan dasar. "Karena dalam kurikulumnya ada kurikulum mendical meliputi pemeriksaan fisik, diagnosa, dan kedaruratan medic serta kepecinta alam dan sebagai seorang dokter ada kemampuan, dan kurikulum kepedulian terhadap alamnya sendiri ". Diklat ini, merupakan persyaratan wajib bagi mahasiswa yang kuliah di kedokteran. " Disamping itu,juga akan dicetak dokter dai dimana dokter harus bisa memberikan ketenangan melalui ceramah agama pada yang ditolong, " .