Informasi

UNISMA GELAR FESTIVAL AL BANJARI SE JAWA TIMUR

Sabtu, 04 Maret 2017 - 14:02 WIB
Diposting oleh: Humas - Kategori: Kampus

 

Malang, Universitas Islam Malang kembali menggelar Festival Sholawat Banjari, sebagai salah satu rangkaian Dies Natalis Unisma yang ke 36. Berbeda dari tahun tahun sebelumnya peserta yang menjadi sasaran dari lomba ini berasal dari tingkat SLTA se-Jawa Timur. Bukan tanpa alasan, agar ajang seperti ini semakin memasyarakat.

Kegiatan yang dilaksanakan di Halaman Gedung Umar bin Khatab Unisma ini hanya berlangsung satu hari. Kepanitiaan yang di serahkan langsung kepada UKM Seni Islami Unisma ini mendapat respon yang baik dari seluruh pendaftar terbukti dari jumlah pendaftar yang mencapai 90 Regu Banjari tapi hanya membuka kuota untuk 40 Regu Banjari .

Pendafatar pun cukup bervariasi datang dari berbagai daerah di Jawa Timur seperti Malangraya, Gresik, lamongan, Probolinggo, Jombang, Kediri.

Hadir dalam pembukaan acara segenap civitas akademika beserta perwakilan dari UKM di lingkungan Unisma. Dalam sambutan sekaligus berwenang membuka acara Wakil Rektor 3, Dr. Ir. H. Badat Muwachid MP menyampaikan bahwa ajang ini selain untuk menfasilitasi silaturrahmi tetapi juga meggalang para juara dari masing masing sekolah asal para peserta di Jawa Timur.

“Meskipun nantinya tidak menjadi Juara Umum di Tingkatan Jawa timur, Paling tidak sudah menjadi juara di tingkatannya masing-masing” terang Wakil Rektor 3.

Lebih Lanjut Wakil Rektor 3 ini megungkapkan harapannya agar kegiatan semacam ini dapat rutin di selenggarakan setiap tahunnya. Untuk Tindak Lanjut dari kegiatan ini sendiri, nantinya Juara Umum akan langsung di informasikan kepada Kemenag untuk nantinya di lakukan pembinaann sehingga ketika ada event nasional dapat turut di ikut sertakan.

Unisma sendiri akan memberikan apresiasi atas keikutsertaan seluruh peserta dengan beasiswa “seluruh grup banjari yang mengikuti event hari ini akan mendapat sertifikat, yang nantinya sertifikat tersebut dapat di gunakan untuk medapat potongan sebesar 25% untuk melanjutkan pendidikan di Unisma”

Hal berbeda yang ada pada festival ini di bandingkan dengan yang lain adalah penggunaan Lagu wajib Sholawat Nuril anwar yang merupakan sholawat wajib yang di baca saat akan memulai perkuliahan di Unisma. “Sholawat ini bermakna Pencerahan Dan do’a agar Mudah dalam mencari ilmu” tutupnya.