Informasi

FE Unisma adakan Seminar Pasar Modal: Perlindungan Investor Kunci Kesuksesan Pasar Modal

Kamis, 16 Maret 2017 - 15:31 WIB
Diposting oleh: Humas - Kategori: Kampus

Perlindungan investor menjadi sangat krusial, dimana beberapa negara telah mengambil langkah-langkah penting untuk melindungi investor dari skema produk dan praktek pelanggaran hukum, dan membawa transparansi pasar modal ke tingkat yang lebih tinggi. Setiap investor berhak mendapatkan perlindungan yang layak, sehingga sudah selayaknya menyediakan informasi dan fasilitas yang membantu investor dalam menghindari kesalahan, dan juga meningkatkan standar broker-dealer untuk selalu mendahulukan kepentingan investor.

Bermula dari permasalahan krusial yang sering dialami inverstor di Pasar Modla Indonesia, maka Fakultas Ekonomi Universitas Islam Malang bekerjasama dengan PT Kustodian Sentral Efek Indonesia dan PT Bursa Efek Indonesia menyelenggarakan Seminar dengan Topik “Mekanisme Perlindungan Investor di Pasar Modal Indonesia”. Acara ini digelar pada 10 Maret 2017 bertempat di Hall K.H Oesman Mansoer.

Dalam Sambutannya Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Islam Malang Nur Diana, SE., M.Si menyatakan sangat mengapresiasi kegiatan seminar tersebut  mengingat di fakultas ekonomi memiliki Galeri Investasi dimana sebagaian besar mahasiswa juga bertindak sebagai investor. Untuk itu pengenalan bentuk-bentuk yang ditawarkan oleh PT. KSEI  untuk memberikan perlindungan terhadap investor khususnya mahasiswa sangat krusial. Setiap investor berhak mendapatkan perlindungan yang layak. Sehingga, kami berharap dalam praktiknya dari layanan dan jasa pada perlindungan investor dan menyediakan informasi dan fasilitas yang membantu investor dalam menghindari kesalahan, dan juga meningkatkan standar broker-dealer untuk selalu mendahulukan kepentingan investor.

Sedangkan narasumber dari PT KSEI dalam paparannya menyatakan bahwa perlindungan terhadap investor disediakan oleh KSEI, sebagai lembaga Lembaga Penyimpanan dan Penyelesaian di Pasar Modal meluncurkan AKSes (Acuan Kepemilikan Sekuritas) yang memberikan fasilitas, setiap investor dapat memantau aktivitas investasinya secara langsung yang disimpan di KSEI. Fasilitas AKSes penting bagi para investor untuk memantau portofolio investasinya yang dikelola Perusahaan Efek secara langsung. Kalau terpantau secara langsung tentu saja lebih aman, transparan dan akurat, jadi program yang dlinucurkan oleh PT. KSEI bertujuan untuk  perlindungan investor dan untuk meningkatkan jumlah investor dan transaksi reksa dana.

Acara seminar ini diakhir dengan sesi diskusi yang sangat menarik minat peserta sebanyak 150 orang ini yang berasal dari mahasiswa maupun masyarakat luar. Tampak peserta sangat antusias bertanya kepada narasumber.