Informasi

KKN Unisma, Mahasiswa dituntut Kembangkan Ide Kreatif

Kamis, 03 Agustus 2017 - 09:00 WIB
Diposting oleh: Humas - Kategori: Kampus

Universitas Islam Malang (Unisma) melepas 913 mahasiswa yang akan terjun ke desa-desa di kabupaten Malang, kabupaten Blitar dan kabupaten Pasuruan provinsi Jawa Timur dalam rangka mengikuti program Kuliah Kerja Nyata (KKN), Selasa (1/8/2017). KKN merupakan mata kuliah wajib yang harus diikuti mahasiswa khususnya Unisma. Upacara pelepasan yang dibuka oleh Wakil Rektor I Unisma, Prof. Drs. H. Junaidi M.Pd, Ph.D digelar secara khidmat.

Prof. Jun sapaan akrabnya berpesan agar mahasiswa dapat melaksanakan program yang dicanangkan pemerintah pusat dan daerah dengan baik, serta dikembangkan dengan ide-ide kreatif.

“Program yang harus kita capai yaitu salah satunya membantu program pengentasan kemiskinan," tuturnya dalam upacara pelepasan mahasiswa KKN terbesar selama di Unisma.

Para mahasiswa yang diterjunkan ke 27 desa di tiga kabupaten provinsi Jawa Timur  diberi petuah agar mampu menjaga nama baik Unisma dan menjunjung tinggi perilaku yang baik. Tentunya juga harus bisa berbaur dan menyatu dengan baik pada masyarakat setempat. 

“Jagalah nama baik dan kebesaran almamater Unisma dan selalu memegang teguh kebaikan yang selalu diajarkan di Unisma,” ujar Prof. Jun.

Selain itu mahasiswa yang akan diterjunkan ke 22 desa didalamnya 4 desa binaan di kabupaten Malang, satu desa di kabupaten Pasuruan dan 4 desa di kabupaten Blitar ini harus mampu mengidentifikasi potensi- potensi yang dimiliki oleh di daerah masing-masing.

sebab program pemetaan pengembangan potensi desa salah satu program pemerintah kabupaten Malang dan jadi prioritas tahun ini. Selain itu nantinya mereka juga akan melanjutkan program pembenahan Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) yang di fasilitasi oleh kementerian Sosial RI meliputi empat desa binaan di Kabupaten Malang.

“KKN adalah tempat menerapkan ilmu yang didapat selama kuliah. Meskipun berbeda beda jurusan harus mempunyai satu visi, membantu segala jenis permasalahan dan membantu proses pemecahannya," tegas Prof. Jun.

KKN Unisma juga diharapkan dapat membuahkan hasil yang positif bagai desa dan menjadikan mahasiswa menjadi lebih mandiri dan siap terjun ke masyarakat pada saat kembali ke kampung halamanya. (khoi)