Informasi

VAKSIN SELADA ANTAR MAHASISWA FK UNISMA JUARA

Rabu, 11 Oktober 2017 - 14:42 WIB
Diposting oleh: Humas - Kategori: Kampus

Mahasiswa Fakultas Kedokteran Unisma kembali unjuk kebolehan pada ajang nasional. Kali ini turut berpartisipasi dalam kegiatan tahunan Scientific Projects and Olympiade of Sriwijaya 2017 yang diadakan di Universitas Sriwijaya Palembang. 

Dua Mahasiswa fakultas kedokteran, Rizki Yuda Purnomo (semester 7) dan Mayvita Muntadiroh (semester 5) berhasil meraih juara kedua dalam cabang lomba poster ilmiah. Poster yang dilombakan mengangkat judul Potensi Edible Vaccine Hepatitis C dari Selada (Lactuca Sativa). Dalam pemaparannya judul itu diangkat sebagai upaya pencegahan Hepatitis C, yang dalam penelitian awalnya edible Vaccine ini dapat meningkatkan imunitas sistemik dan mukosa dengan cara menginduksi antigen di saluran pencernaan. 

Dalam poster ilmiah yang disusun, penggunaan vaksin ini nantinya dikonsumsi secara oral sehingga tidak memerlukan bantuan petugas kesehatan untuk pengaplikasiannya. Uniknya, meskipun ditengah tengah padatnya jadwal perkuliahan Fakultas Kedokteran mereka masih bisa menyiasatinya untuk mengikuti perlombaan ini. "Karena memang tertarik mengikuti perlombaan ini. Awalnya kami cari bahannya dan juga mencari referensi jurnal yang sesuai" terang Rizki Yuda

Berbagai dukungan dari pihak universitas juga diberikan kepada perwakilan Unisma tersebut mulai dari awal seleksi masuk 10 besar di final pada 5 hingga 8 Oktober 2017, hingga akhirnya dapat keluar sebagai juara dalam lomba poster ilmiah tingkat Nasional .

Mereka pun membagikan tips trik agar rekan atau adik kelasnya dapat berhasil saat mengikuti ajang serupa. "Kuncinya adalah idenya harus fresh, bisa cari referensi dari jurnal terbaru juga" kata Mayvita. 

"Ini pertama kalinya kami mengikuti perlombaan poster ilmiah, sebenarnya bagian rumitnya itu bagaimana cara mengolahnya. Menjadi sesederhana dan semenarik mungkin," pungkas mahasiswi semester 5 FK Unisma tersebut. (zi)