Informasi

SUKSES MENGINISIASI WISATA BERBASIS AGROPRENEUR DI DESA WRINGINANOM PONCOKUSUMO MELALUI PHBD

Kamis, 16 November 2017 - 10:25 WIB
Diposting oleh: Humas - Kategori: Kampus

Universitas Islam Malang melalui Himaprodi Peternakan pada tahun 2017 berhasil mendapat hibah bersaing Program Hibah Bina Desa (PHBD) dari KEMRISTEK DIKTI.  Tujuan program ini adalah memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk berperan aktif dalam pembangunan melalui program pengabdian kepada masyarakat.  Pengabdian kepada masyarakat Himaprodi Peternakan adalah mengoptimalkan potensi pariwisata Desa Wringinanom Poncokusumo sebagai desa satelit wisata Bromo melalui penggarapan wisata alam donat boat river tubing dibawah bimbingan drh. Nurul Humaidah, M. Kes.

Pelaksanaan program dilaksanakan mulai bulan Juli sampai Desember 2017. Pada tanggal 08-10 November 2017 dilaksanakan Monitoring dan Evaluasi Program yang diselenggarakan di Ruang Sidang Rektorat lantai 8 Universitas Brawijaya.  Monev diikuti oleh 4 tim perguruan tinggi se Malang Raya yakni dari Universitas Islam Malang (UNISMA), Universitas Kanjuruhan Malang dan Universitas Brawijaya dengan reviewer Surfa Yondri, ST, SST., M. Kom.  

Presentasi dari Tim UNISMA mendapat Respon positive dari reviewer.  Dalam kunjungan site visit lapang dan dari hasil diskusi dengan masyarakat dalam hal ini diwakili olek kelompok karang taruna yang menangani wisata riewer sangat puas dan terkesan dengan partisipasi masyarakat dalam mengelola wisata.  “Program yang dilaksanakan sudah baik karena seluruh elemen masyarakat seperti karang taruna, petani, peternak dan PKK ikut berpartisipasi dalam pembangunan dan pengelolahan wisata,” ujar Pak Yondri. Selanjutnya beliau mengatakan perlu diupayakan keberlanjutan program dengan penguatan publikasi dan inovasi wisata.  Pak Yondri juga turut merasakan tubing yang penuh sensasi di tengah arus Sungai Amprong yang mampu menaikkan adrenalin.

Ketua PHBD Tiya Nurul Izzati sangat bersyukur atas keberhasilan program ini.   Tidak sia-sia segala pikiran dan tenaga terkuras sealam 6 bulan pelaksanaan program.  Hasil akhir berupa pemberdayaan masyarakat melalui wisata donat boot river tubing diharapkan menjadi embrio dalam keberlanjutan program wisata ke depan karena Desa Wringinanom sangat potensi dengan keindahan alam yang dimilikinya.    

Tiya juga berharap agar ke depan banyak mahasiswa Universitas Islam Malang yang mengikuti kegiatan positif dari Dikti ini. “Semoga tahun depan lebih banyak proposal dari Universitas Islam Malang yang didanai oleh Dikti,” tutup Ketua Pelaksana Program Hibah Bina Desa HIMAPRODI Fakultas Peternakan Universitas Islam Malang.