Informasi

FE UNISMA GELAR SEMINAR INDUSTRI HALAL

Selasa, 05 Desember 2017 - 09:16 WIB
Diposting oleh: Humas - Kategori: Kampus

Fakultas Ekonomi Unisma bekerjasama dengan IAI wilayah Jawa Timur Komisariat Malang Raya menggelar International Seminar Halal Industrial Development Toward Civil Society, Senin (4/12/2017). Acara ini digelar setelah melihat fenomena perkembangan industri halal di Indonesia yang terus berkembang pesat. Indonesia merupakan salah satu Negara dengan Jumlah penduduk terbanyak di Dunia( BPS Statistik jumlah penduduk Indonesia 254 Jiwa di tahun 2015) dan 85% di antara beragama Islam.

Dengan jumlah populasi Muslim yang sangat besar menjadikan Indonesia mempunyai potensi pasar Industri Halal yang besar pula. Hadir Rozmiza Bidin PhD (Universiti Putra Malaysia), Dr Pujihandayati MM, Akt (IAI wilayah Jatim Komisariat Malangraya) dan Harun Al-Rasyid PhD ( Wise University, Jordan). Mereka menjadi narasumber dalam acara ini.

Acara yang berlangsung di Hall Abdurahman Wahid. Lantai 7 Gedung Pascasarjana ini dihadiri sekitar 700 peserta IAI muda dari Jawa Timur. Dalam acara ini juga dilaksanakan kegiatan Branding IAI Muda yang bertujuan untuk mengenalkan profesi IAI dan perekrutan IAI muda Wilayah Jawa Timur serta kegiatan MOU antara Fakultas Ekonomi Universitas Islam Malang dengan Universiti Putra Malaysia.

Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Islam Malang Nur Diana SE., M. Si mengapresiasi kegiatan seminar internasional yang terselenggara untuk kesekian kalinya di FE Unisma. Ia menyatakan tema yang diangkat sangat tepat. Mengingat Indonesia merupakan negara yg mayoritas muslim dan Industri Halal.  Sedikitnya mempunyai 10 sektor dengan kontribusi yang paling besar yaitu financial, food, wisata dan perjalanan, fashion, kosmetik, farmasi, media dan rekreasional, kebugaran, pendidikan dan seni budaya.

Ia menjelaskan untuk sektor finansial perkembangan nya di Indonesia sudah cukup baik. Hal ini di buktikan dengan semakin banyaknya Industri Perbankan dan Keuangan Syariah yang hadir di tengah-tengah masyarakat, seperti Perbankan Syariah, Asuransi Syariah, Pasar Modal Syariah, Reksadana Syariah, Obligasi Syariah, Pegadaian Syariah, Baitul Mal.  Di Indonesia juga mempunyai banyak hal yang menjadi keunggulan dalam pengembangan Industri Halal lifestyle. Nur Diana mencontohkan dari segi pariwisata atau halal tourism, Indonesia mempunyai keindahan alam yang tidak di miliki oleh negara lainnya. 

Ditempat yang sama, Rektor Universitas Islam Malang Prof. H. Masykuri, MSi juga melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding antara Fakultas Ekonomi Universitas Islam Malang dan Universiti Putra Malaysia. MoU ini dalam berbagai aktivitas tridharma perguruan tinggi diantaranya student exchange, development academic Atmosphere (Seminar, conference, training) dan joint Research and publication.