Informasi

HEBAT, MAHASISWA FEB UNISMA BERHASIL MENJADI MOST ACTIVE TEAM INNOVATION PAPER

Sabtu, 17 Februari 2018 - 08:35 WIB
Diposting oleh: Humas - Kategori: Kampus

Semangat mahasiswa Universitas Islam Malang (Unisma) patut diacungi jempol. Meski saat ini sedang musim liburan semester, tapi tidak membuat mahasiswanya berlibur ria. Terbukti, di tengah-tengah liburan, tiga mahasiswa yang berasal dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unisma Malang justru ikut acara kompetisi bergengsi tingkat nasional. Kegiatan yang mereka ikuti adalah Sharia Economics Days.

 

Kegiatan ini diselenggarakan FSI FEB UI sebagai KSEI di Universitas Indonesia. Panitia mengundang seluruh mahasiswa dari seluruh Indonesia yang berminat untuk mengirimkan paper mengenai suatu tema terkini Ekonomi Syariah dan berdiskusi dalam suatu kegiatan Conference.

 

SECOND merupakan acara event Konferensi Ekonomi Islam tahunan terbesar di Indonesia pada umumnya dan  Ekonomi Islam di FEB Universitas Indonesia. Dengan berbagai tema yang berbeda-beda setiap tahunnya. Untuk tahun 2018 ini temanya adalah ``Islamic Finance and Economic Blueprint for Growth and Development : Shaping an Inclusive Futur``.

 

“Melihat tema tersebut kami tergerak untuk berpartisipasi dalam event tersebut dengan mengikuti perlombaannya yakni Call For Paper tingkat nasional. Dan ini merupakan event SECOND pertama kalinya yang kami ikuti”, ujar Syaiful Padli, selaku Ketua Tim.

 ``Dalam event ini ada 2 kategori yakni Academic Paper dan Inovation Paper. Dan kami tertarik untuk mengikuti yang Inivation Paper. Dari masing-masing kategori paper tersebut diambil 8 besar paper terbaik nasional yang telah dipilih oleh reviewer Universitas Indonesia. Dengan mengambil judul "Plasma Syariah sebagai Solusi Akselerasi, Literasi dan Inklusi Keuangan Syariah pada Sektor Pertanian Indonesi`` Alhamdulillah paper kami tembus 8 besar dan berhasil menyisihkan dari ratusan paper yang lain,`` ucap Syaiful Padli dengan penuh bangga

 

Latar belakang kami mengangkat tema tersebut diantaranya adalah Tingkat penyaluran dana perbankan ke sektor pertanian amatlah sangat kecil hanya sekitar 5,9 % dari total penyaluran, ini amatlah miris karena sektor pertanian merupakan sektor yang paling banyak menyerap tenaga kerja, penyumbang Produk Domestik Bruto kedua di Indonesia dan penyedia bahan prodksi dan pangan serta berbagai potensi sektor pertanian yang lainnya.

 

Plasma Syariah merupakan konsep kerjasama antara petani, lembaga zakat/wakaf, dinas pertanian, perbankan syariah dan pengusaha dalam satu proyek kerjasama terpadu di bidang pertanian.

 

Acara conference SECOND berlangsung selama 4 hari, sejak tanggal 11 hingga 14 Februari 2018). Secara berturut-turut, kegiatannya meliputi: opening, gathering dan technical meeting (hari ke-1), seminar nasional dengan 6 pembicara dalam 2 sesi (hari ke-2), lomba call for paper (hari ke-3), dan kunjungan perusahaan ke IDX indonesia dan PT. Sofyan Hotel serta closing ceremony dan pengumuman pemenang (hari terakhir).

 

Sementara, dalam lomba call for paper tiap-tiap kategori diambil juara dengan tiga kategori, meliputi:  Best Paper, Best Speaker, dan Best / Most Active Team.

 

Dan, Alhamdulillah mahasiswa yang merupakan delegasi dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang (Unisma) berhasil  mendapatkan predikat sebagai Most Active Team. Ketiga mahasiswa unisma tersebut adalah: M. Syaiful Padli (Akuntansi 2014), Riska Amalia (Akuntansi 2016), dan M. Muzammil (Manajemen 2017). ``emoga kemenangan ini penuh dengan berkah dan membawa manfaat bagi kami dan lembaga unism``, harap Syaiful.

 

Tim dari Unisma ini terbukti berhasil mengalahkan tim dari kampus Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Universitas Airlangga (UNAIR), Universitas Brawijaya (UB), STEI Tazkia, IPB Bogor, Universitas Indonesia dan Universitas Diponegoro. (M. Syaiful Padli).