Informasi

KUNJUNGI TAIWAN, UNISMA GANDENG EMPAT NEGARA

Rabu, 02 Januari 2019 - 09:35 WIB
Diposting oleh: Humas - Kategori: Kampus

 

Rektor Universitas Islam Malang (Unisma), Prof. Dr. H. Maskuri, M.Si dan Wakil Rektor I, Prof. Drs. H. Junaidi, M.Pd., Ph.D menjalin kerja sama dengan empat negara sekaligus yakni Thailand, Vietnam, Philipina, dan Taiwan, Minggu (9/12), di National Ping Tung University, Taiwan. Dalam waktu yang bersamaan, Unisma turut menggandeng 9 Perguruan Tinggi (PT) di empat negara tersebut.

Kerja sama dengan 9 PT tersebut nantinya akan memfokuskan kepada beberapa bidang antara lain pendidikan dan pengajaran, pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), penelitian dan pengabdian masyarakat. Sedangkan dengan National Ping Tung University lebih mengarah kepada program Double Degree.

“Double Degree nanti antara National Ping Tung University  dengan Unisma duduk bersama mengkonkritkan kurikulum dan setelah kedua belah pihak sudah sepakat akan secepatnya kami terapkan,” ujar Prof. Dr. H. Maskuri, M.Si.

Beberapa waktu sebelumnya, Unisma telah menyelenggarakan focus group discussion (FGD)  dengan narasumber yang merupakan reviewer proposal pengajuan joint degree dengan perguruan tinggi dari negara lain yaitu Prof. Liliek Sulistyowati, Ph.D. Hal ini dilakukan untuk membantu Unisma dalam menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan untuk menyelenggarakan program tersebut dengan perguruan tinggi dari luar negeri.

Kerja sama yang dibangun dengan National ping Tung University tersebut merupakan langkah awal untuk menjajaki realisasi penyelenggaraan program joint degree antar kedua belah pihak. Adanya program ini kedepan mahasiswa Unisma akan mendapatkan beasiswa dari PT Taiwan di semua jurusan yang ada di sana.

“Hingga saat ini Unisma telah melakukan kerja sama dengan 25 negara, sehingga semakin banyaknya relasi yang kami bangun mampu meningkatkan mutu pendidikan di era 4.0 dan mengembangkan daya saing Unisma di tengah persaingan global,” tegas Maskuri.

Seusai penandatanganan MoU antara Unisma dengan empat negara tersebut, Prof. Dr. H. Maskuri, M.Si dan Prof. Drs. H. Junaidi, M.Pd., Ph.D menghadiri undangan kegiatan Global Presidential Summit di National Ping Tung University, Taiwan, Senin (10/12), hari ini. Dalam acara tersebut, Rektor Unisma berkesempatan menjadi keynote speaker dihadapan para rektor dari berbagai negara seperti,  India, Jepang, Korea Selatan, China, Filiphina, Rusia, Thailand, Amerika, Vietnam, Malaysia, dan Indonesia. Tema yang menjadi pembahasan tersebut adalah The Future of the University yakni bagaimana langkah PT di era revolusi industri 4.0 dan pentingnya networking untuk pengembangan kampus.