BINCANG ADMINISTRASI PEMERINTAHAN, UNISMA HADIRKAN EXPERT

Fakultas Ilmu Administrasi dan Program Pascasarjana Unisma menyelenggarakan Kuliah umum dengan Tema Optimalisasi Keuangan Daerah dan Administrasi Pemerintahan yang Efisien Inovatif dengan menghadirkan narasumber Dr. H. Ali Maskur Musa, M.Si., M.Hum.

Menurut Dekan Fakultas FIA Dr. Hj. Rini Rahayu Kurniati, M.Si, pemilihan narasumber ini sudah dirasa pas mengingat sepak terjang Dr. Ali yang lama menggeluti bidang ini.

“Dr. Ali Maskur Musa merupakan salah satu anggota Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI tahun 2009-2014, Ketua PP ISNU periode 2012-2017 dan saat ini juga menjabat sebagai Dosen FIA Unisma, dari tingkat keilmuan dan pengalaman sudah pasti jika membincang keuangan daerah, beliau sudah ekspert” terang Dekan FIA

Menurut Dr. Ali Masykur Musa ada beberapa tantangan besar untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur yakni yang pertama mengatasi kemiskinan, meningkatkan produktivitas, meningkatkan daya saing, mengurangi ketimpangan tata kelola yang baik dan institusi yang bersih dan berjalan efektif.

“akan tetapi Hari ini, ketimpangan antar kawasan masih tinggi, misalnya saja di pulau Jawa yang angka kemiskinannya hanya 10,1% dengan menyumbang  pendapatan wilayah negara sebanyak 57,0% thd PDB melalui industri pengolahan, perdagangan dan konstruksi. Beda halnya jika dibandingkan dengan Kalimantan yang merupakan wilayah dengan  sumber penghasil pertambangan, industri dan pertanian tapi hanya menumbang 5,7% thd PDB” terang Dr. Ali

Lebih lanjut, Dr. Ali pun menyebut bahwa pemindahan Ibukota baru di kalimantan bisa menjadi salah satu cara untuk membagi agar yang kaya tidak saja di Pulau Jawa saja tapi daerah-daerah lain juga.

“Hal ini terbukti kalau dan hambatan Produk Domesti Bruto (PDB) hanya tinggi di daerah yang infrastruktur yang bagus saja” ujarnya

Kegiatan yang berlangsung di Gedung Pascasarjana lt 7 ini dihadiri 500 peserta yang merupakan mahasiswa FIA dan Program Pascasarjana Unisma.

 

Share this: