CDC Bekali Calon Lulusan Dengan Pelatihan Karir Daring

Carier Development Center (CDC) Unisma atau pusat pengembangan karir Universitas Islam Malang, memberikan pembekalan kepada calon alumni. Program tersebut merupakan agenda rutin setiap semester untuk membekali lulusan akan wawaasan dan pengetahuan dunia kerja. Serta memberikan informasi terhadap peluang-peluang kerja, sehingga diharapkan seluruh lulusan Unisma tidak lama setelah lulus langsung dapat bekerja.

Acara yang dilaksanakan pada Jumat (3/7) lalu tersebut, langsung dibina oleh tim konsultan karir CDC Unisma dengan beberapa materi. Yakni mencari passion, pilihan karir, personal branding, CV dan cover letter serta wawancara kerja. Kegiatan ini dilaksanakan secara virtual zoom meeting dengan diikuti 473  lulusan tahun 2020.

Ketua Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Relevansi Pendidikan (LP2RP) Unisma, Dr. Dyah Werdiningsih, M.Pd, mengatakan program pembekalan karir oleh CDC Unisma memberikan hasil yang menggembirakan. Dari data yang dimiliki CDC Unisma, lulusan yang terserap kerja mencapai 63 persen sebelum enam bulan kelulusan.

“Kami sudah melacak dan mencapai angka 63 persen, itupun dari para lulusan yang telah mengisi kuisioner selebihnya masih belum berhasil kami dapatkan kontaknya,” ujar Dyah.

Lebih lanjut ia mengatakan, usai pembekalan karir agenda dilanjutkan dengan National Virtua Career Fair (NVCF). Yaitu job fair online yang dilaksanakan keesokan harinya sebagai bagian dari program Career Training. NVCF dilaunching secara resmi pada pukul 09.30 WIB, oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC, Ph.D.

Kabar baiknya, dalam pelatihan dan job fair yang juga diikuti oleh banyak perusahaan tersebut memberikan peluang yang besar. Beberapa perusahaan bahkan menyampaikan bahwa selama pandemi mereka membuka banyak peluang bagi calon karyawan agar bisa dimaksimalkan dengan baik. Diantaranya pada bidang farmasi, manufacturing, dan lain-lain.

“Semoga ini memberikan suntikan semangat kepada para lulusan dan menjadikan mereka lebih optimis di masa yang sulit seperti saat ini,” harapnya.