KEDOKTERAN UNISMA CAPAI UKMPPD TERTINGGI NASIONAL

Kabar gembira datang dari Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang. Pasalnya, FK Unisma baru saja mendapatkan hasil Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (ÜKMPPD) dengan persentase kelulusan CBT ranking 5 nasional. Dengan persentase kelulusan CBT yakni sebesar 94 persen. Dan nilai first taker OSCE 95 persen se-nasional. Hasil uji tersebut sebagai salah satu indikator kualitas pendidikan dokter di Unisma.

Dekan FK Unisma dr. Rahma Trliana, M.kes.,P.hD mengatakan, hasil tersebut sebagai umpan balik atas hasil UKMPPD dan juga performa mahasiswa dalam mengikuti UKMPPD selama Februari hingga November 2019 secara nasional.

“Dilihat dari grafik capaian kelulusan UKMPPD secara nasional meningkat. Yakni Februari 89,31 persen, akhir periode November naik dengan nilai 94 persen” paparnya.

Dekan sekaligus dosen mata kuliah Patologi Klinik dan Farmakologi ini menjelaskan, tujuan UKMPPD ini untuk memastikan bahwa setiap lulusan telah memenuhi standar kompetensi dokter yang telah ditentukan oleh kolegium.

“Agar nantinya para lulusan mampu memberikan pelayanan kepada masyarakat. Baik melalui praktik profesi maupun mampu menjaga nilai luhur profesi dokter” tambahnya.

Sebagai informasi, UKMPPD terbagi menjadi 2 jenis ujian. Yakni Computer Based Test (CBT) dan ObjectiveStructured Clinical Examination(OSCE). Dimana standarkelulusan akan ditentukan secara nasional berdasarkan passing grade. Adapun upaya dari Unisma tersebut dalam UKMPPDD yakni melakukan bimbingan persiapan seperti pemberian materi, tryout, maupun progress test.

Alumnus doktoral di University of Adelaide, Australia, ini berharap capaian prestasi Unisma harus terus ditingkatkan. Baik persentase kelulusan maupun nilai ujian tertinggi di level nasional.