Mahasiswa FT Raih Juara 1 Lomba Debat Engineering

Mahasiswa Fakultas Teknik (FT) kembali menorehkan prestasinya, kali ini berhasil mengungguli 28 perguruan tinggi negeri maupun swasta seluruh Indonesia. Mereka berhasil menjuarai lomba debat ilmiah nasional Engineering Innovation Contest. Rektor Unisma Prof. Dr. H. Maskuri M.Si mengapresiasi raihan prestasi nasional ini. Perguruan Tinggi kebanggaan Nahdlatul Ulama ini memang selalu berupaya mengusung suasana kompetisi, bukan hanya dosen yang mampu berkompetisi, namun juga mahasiswa dapat mengembangkan diri dengan berkompetisi di luar negeri.

Prof Maskuri  menyatakan pula,”Seluruh Civitas Akademika Unisma saat tidak lagi merasa kecil. Kami tidak lagi melihat perguruan tinggi negeri maupun luar negeri. Kami siap melakukan kompetisi dengan siapa pun. Sikap confidence ini yang kini menyelimuti atmosfir kampus ini,” ungkapnya.

Rumah Kreatif adalah wadah bagi insan kampus Unisma yang memiliki ide kreatif inovatif, dimana  dalam setiap proposal pengajuan yang disetujui akan mendapat dana pembinaan 10 Juta sampai 12 Juta. Rektor ini juga berharap Research and Devolepment para mahasiswa supaya bisa dikolaborasikan dengan Fakultas dan disiplin ilmu yang lain.

Wakil Dekan III FT Unisma, Ir Hj Unung Lesmana MT, menyampaikan, lomba debat ini mengambil tema Peran Engineer Tangguh dalam Pembangunan Bangsa di Era Revolusi Industri 4.0 yang diselenggarakan pada perhelatan Engineering Innovation Contest. Dalam acara ini juga digelar Munas Teknik se Indonesia, termasuk lomba debat ilmiah dan Desain poster yang mengambil tempat di Universitas Mataram Nusa Tenggara Barat (NTB), 24 sampai 29 Juli lalu.

Ketiga mahasiswa FT Unisma yang juara debat teknik tersebut La Abdul Jalil Kasmin, Trays Arganta, Diko Mubarokah Dwikorah. Menurut mereka kunci kemenangan tatkala berhasil menyajikan solusi dari permasalahan peran engineer dalam pembangunan di era Revolusi Industri 4.0 ialah dengan penerapan Iwira Lit. Yakni, Ibadah dengan tekun, Wirausaha yang digalakan, dan Literasi.

Share this: