MANFAATKAN KHASIAT KUNYIT, UNISMA BERI PENYULUHAN PENANGANAN HIPERTENSI PADA REMAJA

Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Islam Malang (Unisma) memberi penyuluhan mengenai pemanfaatan keanekaragaman hayati untuk pengobatan penyakit hipertensi. Penyuluhan ini diberikan pada SMA 2 Kediri.

FK Unisma menggelar publikasi berbasis pengabdian masyarakat, Rabu (19/02/2020). Kali ini sengaja mengambil tempat di SMAN 2 Kota Kediri. Tim kesehatan Fakultas Kedokteran ini memberikan penyuluhan kesehatan yang disampaikan langsung oleh dr Erna Sulistyowati MKes PhD, didampingi Ike Widyaningrum M Farm.

Penyuluhan hipertensi ini sengaja menyasar kaum muda, lantaran temuan dalam suatu penelitian, ada sekitar 90-95% kasus hipertensi di dunia termasuk jenis hipertensi primer yang terjadi pada remaja usia muda.

Penyebab tekanan darah tinggi atau hipertensi sekunder pada remaja usia muda adalah penyakit ginjal turunan, kelainan fungsi dari aorta, sleep apnea, penyakit paru obstruktif kronis. Termasuk juga masalah tiroid atau hipotiroidisme.

Erna Sulistyowati juga memaparkan berbagai jenis keanekaragaman hayati yang dapat dimanfaatkan untuk penyakit hipertensi seperti salah satunya tanaman pegagan.

Diketahui bahwa pegagan memiliki kandungan kimia yang salah satunya adalah flavonoid yang diketahui memiliki efek yang dapat digunakan pada penyakit hipertensi.

Di samping itu, tanaman pegagan merupakan tanaman yang menjadi fokus riset dari Erna Sulistyowati.

Selanjutnya mengenai kunyit yang merupakan fokus bahasan penyuluhan kali ini. Kunyit merupakan tanaman yang sangat mudah ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Tanaman yang sangat mudah ditemui di dapur rumah, bukan hanya memiliki manfaat sebagai bumbu masak akan tetapi juga memiliki khasiat sebagai pereda nyeri bahkan telah digunakan sejak nenek moyang kita. Dewasa ini, kunyit juga sering dijumpai untuk digunakan sebagai perawatan wajah.

Selain bisa digunakan sebagai bumbu dapur, kunyit ternyata juga bisa menurunkan peradangan dalam tubuh yang menyebabkan tingginya kolesterol dan tekanan darah. Kunyit yang secara aktif mengurangi peradangan pada akhirnya akan membantu menjaga fungsi kardiovaskular serta menjaga kelancaran aliran darah.

Share this: