Unisma Malang Ngaji Kebangsaan Bersama Gus Baha’

Universitas Islam Malang (Unisma) memiliki tradisi untuk berkunjung ke pondok pesantren, tujuannya di samping untuk bersilaturahmi tapi sekaligus ngaji bareng Kyai.

Kali ini (31/8) Unisma bersama Pengurus Yayasan dan juga Pimpinan Fakultas serta unit lembaga berkunjung ke KH. Ahmad Baha’uddin Nursalim atau akrab disapa Gus Baha’ yang merupakan pengasuh pondok pesantren tahfidzul Qur’an LP3IA Rembang Jawa Tengah juga Rois Syuriah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama.

Rektor Unisma, Prof. Dr. H. Maskuri, M.Si menuturkan bahwa tidak salah kalau Universitas Islam Malang di samping silaturahmi juga mengaji. Dalam hal ini tidak semata-mata menghadirkan kyai tetapi dalam suatu waktu Unisma juga mendatangi kyai.

“Sudah lama sebenarnya kami ingin mengaji kepada beliau, Alhamdulillah baru saat ini Allah memberikan kesempatan kepada kita semuanya dan mudah-mudahan kita mendapatkan manfaat dan berkah dari pengajian ini” ujarnya

Perdamaian itu menjadi sebuah ajaran yang dicontohkan dan ditekankan oleh junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW. Maka dari itu dalam kesempatan ngaji kebangsaan Unisma Bersama Gus Baha’ kali ini mengangkat Tema Dialektika Islam dan Kebangsaan : Tafsir Islam Damai Untuk Keharmonis.

Dalam pengajiannya, Gus Baha menyebutkan ada satu madzab yang semua warga Unisma harus tahu bahwa Menjelaskan itu tidak lebih baik jadi karena seakan-akan belum melakukan.

“Indonesia itu dulu kedatangan Islam tidak pernah dipertentangkan antara Islam dan negara sehingga diskusi itu sudah sala, karena para wali itu ndak pernah mempertentangkan Islam dan keindonesiaan atau kebhinekaan. Para wali itu misinya dakwah, dimana-mana dakwah itu pasti ketemu yang berbeda. Mulai dari beda agama, pilihan mazhab, tradisi jadi tidak perlu dipertentangkan Tetapi malah itu jadi lahan dakwah” terang gus baha’.

Kegiatan ngaji kebangsaan ini juga dapat kembali disaksiakan di akun resmi youtube HumasUnismaOfficial maupun NUChanel. Beberapa jam setelah siaran pengajian diunggah, sudah ditonton lebih dari 10 ribu kali.

Live Streaming klik Disini