Profil

Pengantar

Diperbaharui tanggal: 27 November 2017

Assalaamualaikum Warahmatullaah Wabaraakatuh


Alhamdulillah puji syukur kita panjatkan ke hadirat Allah SWT, karena hanya atas perkenan dan ridloNya Website unisma.ac.id dapat diwujudkan sebagai salah satu media informasi dan komunikasi cevitas akademika Universitas Islam Malang dengan masyarakat.

Seiring dengan berdirinya Universitas Islam Malang pada 27 Maret 1981 silam, Unisma yang dibawah naungan Lembaga Pendidikan Ma arif Nahdlatul Ulama ini telah banyak dan semakin mendapatkan kepercayaan dari pemerintah dan berbagai elemen masyarakat dalam rangka berpartisipasi dalam mensukseskan Pembangunan Nasional, khususnya dibidang pendidikan. Bukti atas kepercayaan dari pemerintah, misalnya melalui Dirjen Dikti Kemediknas dan melalui Kemenag Unisma dipercaya untuk mengelola berbagai program dan proyek prestisius.

Beberapa program pengembangan dan pemberdayaan masyarakat yang telah dan sedang dikelola oleh Unisma antara lain : I-MHERE yang dibiayai oleh World Bank, HPEQ, LAPIS, ELOIS, ADS yang dibiayai oleh pemerintah Australia, dan beberapa program pengabdian masyarakat yang dibiayai oleh berbagai ORMAS dan LSM.

Disamping itu, beberapa program hibah yang diselenggarakan Dirjen DIKTI juga telah dimenangkan oleh Unisma, seperti : Program Peningkatan Mutu Pendidikan (PMP), Program A1, A2, Semique, INHERENT K1 dan K3, dan PHP-PTS tahun 2010 dan 2011. Selain itu Unisma juga merupakan salah satu perguruan tinggi yang mendapatkan PHK-PKPD (PHK Peningkatan Kualitas Pendidikan Dokter) yang diimplementasikan mulai tahun 2011, Program Peningkatan Mutu dan Kualifikasi Guru baik yang biayai oleh Kemendiknas maupun Kemenag RI, serta Pilot Project penyelenggaraan prodi PGMI.

Pada tahun 2008, Universitas Islam Malang mendapatkan predikat Anugerah Kampus Unggulan (AKU) dari Kopertis Wilayah VII sebagai Perguruan Tinggi Unggulan se Kopertis Wilayah VII. Unisma juga telah mengembangkan Laboratorium Halal Center dan Rumah Susun Sederhana Sewa (RUSUNAWA) untuk fasilitas pemondokan mahasiswa.

Dari aspek kurikulum, seluruh program studi di Universitas Islam Malang telah menerapkan Kurikulum Berbasis Kompetensi yang diselaraskan dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) atau Kurikulum Pendidikan Tinggi (KPT). Rumusan capaian pembelajaran (learning outcomes) untuk program Strata-1 (S-1), Strata-2 (S-2), Profesi dan Strata-3 (S-3) telah mengacu pada deskripsi capaian pembelajaran lulusan sebagaimana tertuang dalam Peraturan Presiden No. 8 Tahun 2012.

Sebagai sarana magang bagi mahasiswa, Unisma juga telah mengembangkan unit usaha berupa : Jasa Keuangan, Pujasera, Fasilitas Perhelatan, Student Corner, Budidaya dan Pengolahan Jamur, Budidaya Tanaman Hias, Peternakan terpadu, dan lain-lain. Dengan demikian tidak berlebihan kiranya jika Unisma dipresentasikan sebagai Lembaga Pendidikan Tinggi yang tepat untuk dipilih demi menyongsong masa depan yang lebih baik.

Semoga Allah SWT melindungi semua langkah kita. Amin

Wassalaamualaikum Warahmatullaah Wabaraakatuh

Rektor,


Prof. Dr. H. Masykuri Bakri, M.Si