SIVITAS UNISMA KOMITMEN SUKSESKAN SP2020

Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Malang Sosialisasikan Sensus Penduduk 2020 (SP2020) kepada sivitas akademika Unisma. Drs. Sunaryo, M.Si Kepala BPS Kota Malang menyampaikan mahasiswa adalah agen perubahan dan agen masa depan bangsa, maka dari itu perannya pun dirasa penting dalam mencatatkan sejarah  untuk masa depan. (28/11)

“Siang hari ini menjadi bukti bahwa kita akan mencatatkan sejarah bersama-sama dalam road show sosialisasi kami juga memilih perguruan tinggi, mulai tahun 2020 ini akan dilakukan sensus kombinasi dan kami ingin mengajak mahasiswa mencatatkan sejarah bangsa yaitu melaksanakan sensus penduduk 2020” ujar Kepala BPS Kota Malang.

pada era digital seperti ini, BPS memunculkan metode baru dalam hal sensus yakni sensus kombinasi, jika sebelumnya sensus hanya dilakukan dengan cara konvensional yakni berkeliling ke seluruh rumah warga saja, kali ini metode kombinasi hadir dengan  menggunakan data registrasi yang relevan dengan sensus. Kemudian, data tersebut akan dilengkapi dengan sampel survei.

Setelah berjalannya metode baru ini Kepala BPS Kota Malang menargetkan jika pada pengisian Sensus Penduduk sudah mengandalkan metode registrasi, berbasis online maka metode sensus sepenuhnya dilakukan sendiri oleh penduduk melalui sistem daring.

“Karena sudah diisi secara online maka pada sensus selanjutnya tidak pelu lagi mendata dari rumah ke rumah tinggal nanti pada Juli 2020, BPS akan melakukan verifikasi ulang data, verifikasi ulang ke lapangan, dan terakhir pencacahan lapangan. Guna menambah akurasi data dengan informasi terkini” tambahnya.

Wakil Rektor 3, Dr. Ir. H. Badat Muwakhid, MP dalam sambutannya yang seklaigus membuka secara resmi acara ini menyatakan dukungannya secara penuh dengan terselanggaranya acara ini.

“Mahasiswa sebagai masyarakat ilmiah harus mendukung jika ada kegiatan seperti ini, karena manfaatnya dapat diambil sebagai penunjang pengambilan keputusan di berbagai sektor dan juga sebagai referensi pengembangan di masyarakat” ujar Wakil Rektor 3.

Sebelum mengakhiri sambutannya Wakil Rektor 3 mengingatkan kembali bahwa mahasiswa sebagai agent of change. “Sebagai warga negara yang baik ayo kita dukung kegiatan sensus penduduk tahun 2020” pungkasnya.

 

Share this: