TEH DAUN BENALU DAPAT TINGKATKAN IMUN

Dr. Nour Athiroh Abdoes Sjakoer, S.Si.,M.Kes, dosen peneliti yang juga Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Islam Malang (UNISMA) menemukan khasiat teh daun benalu. Ternyata ada kandungan istimewa dalam teh daun benalu mangga yang ditelitinya, salah satunya, ialah dapat meningkatkan daya imunitas tubuh. Hasil penelitian ini mendapat apresiasi tinggi dari Dirut RSI UNISMA, bahkan kedepan temuan ini akan diresepkan untuk pasien hipertensi.

Hal tersebut disampaikan oleh Nour Athiroh saat Focus Group Discussion (FGD) yang digelar di ruang pertemuan lantai 7 RSI UNISMA, Sabtu (17/10). FGD ini mengupas hasil penelitian Skim Program Penelitian Terapan Unggulan perguruan Tinggi (PUPT) yang berjudul Kombinasi Herbal Benalu sebagai Sediaan Produk Fitofarmaka Suatu Kandidat Alternatif  Antihipertensi Alami Tradisional Indonesia.

“Rangkaian penelitian ini sepenuhnya mendapat hibah dari DRPM/ Ristek BRIN. Penelitian ini memerlukan proses sangat panjang, telah melewati proses uji coba berkali-kali, salah satunya pada hewan coba tikus. Maka saat ini sudah waktunya melakukan hilirisasi penelitian perguruan tinggi produk  benalu mangga celup,” ungkap Nour Athiroh.

FGD ini sendiri sebagai ajang pemaparan hasil penelitian Nour Athiroh beserta tim, dengan harapan akan mendapat masukan dari para dokter dan mitra produsen, yakni Griya Jamu  Siti Ara Batu yang kedepan akan menjadikan temuan ini menjadi resep suplemen bagi pasien hipertensi.

Dalam kesempatan yang sama, Dirut RSI UNISMA, dr Tri Wahyu Sarwiyata, M.Kes mengapresiasi hasil penelitian ini. Hal ini sejalan dengan RSI sendiri yang sedang mengembangkan Saintifikasi jamu, bekerjasama dengan Balai Penelitian Tanaman Obat Tradisional Tawangmangu.

“Saya harapkan benalu teh mangga ini dapat sebagai suplemen penangkal dan menyembuhkan berbagai penyakit,” tandas Tri Wahyu.