TIGA MAHASISWA UNISMA PPL INTERNASIONAL KE THAILAND

Tiga mahasiswa dari prodi bahasa Inggris dan prodi Pendidikan Bahasa Indonesia Unisma Malang akan segera bertolak ke Thailand bagian selatan. Mereka akan melakukan PPL Internasional dengan mengajar di 2 sekolah di Thailand. Mereka adalah Uswatul Hasanah dan Riska Dwi Agustina yang akan melakukan PPL di Santiwiyatta School sedangkan Arif Fatahilah melakukan PPL di Songsirwittayamulnithi School.

“Memang dalam proses seleksi adalah kesediaan ortu dan mahasiswa untuk pembiayaan awal sendiri. Pengurusan visa pesawat transportasi dan sebagainya baru ikut tesnya,” ungkap Prayitno Tri Laksono M.Pd., Kabag Kerjasama Unisma.

Selain itu kualifikasi yang diperlukan untuk mengikuti program ini juga sangat banyak. Setelah lolos pada tes lisan dan tulis, ada penjajakan minat dan keakademikan serta tes wawasan internasional. Selain itu mereka juga melalui tahap tes wawancara keagamaan karena disana mereka juga mengajar Islam dan harus bisa mengaji serta mengajarkannya.

“Selain mengajar Bahasa Inggris dan bahasa indonesia, para mahasiswa ini akan mengajar mengaji dan agama Islam, karena di Thailand selatan ini termasuk mayoritas muslim,” tambah prayitno

Saat menjelaskan tentang kesiapan Riska dan Uswatul yang akan tinggal di asrama sekolah di Krabi ini menjelaskan bahwa kesiapannya sudah 85%, mereka tidak terlalu khawatir, karena di sekolah yang mereka tuju juga menjadikan bahasa Indonesia sebagai bahasa favoritnya selain bahasa Inggris.

“Yang jelas saya ingin pengalaman baru karena ilmu itu kan tidak didapat di dalam lelas dan dalam negeri saja,” kata Riska.

Keuntungannya mahasswa Unisma Malang lainnya, selain belajar budaya, bahasa dan menambah relasi mereka juga dijamin uang makan harian yang diberikan per bulan dari pihak Thailand. Selain itu nantinya perpanjangan visa dan segala keperluan mereka disana akan ditanggung pihak sekolah