UNISMA FASILITASI 400 LEMBAGA JALIN MOU DENGAN MALAYSIA

Universitas Islam Malang (Unisma) memberikan peluang kepadalembaga pendidikan atau non pendidikan di Indonesia untuk menjalin kerja sama dengan Universitas Malaysia Kelantan

(UMK). Peluang tersebut diumumkan secara terbuka melalui webinar mtemasional kemarin (9/6).  Tak kurangdari 400 para peserta, terdiri dari Pimpinan lembaga pendidikan maupun non pendidikan di Indonesia yang mengikuti Webinar internasional ini.

Rektor Unisma Prof. Dr. H. Maskuri M.Si yang diwakili Wakil Rektor 1 Prof. Dr. H. Junaidi, M.Pd, P.hD mengungkapkan, penyelenggaraan webinar internasional ini memang diadakan untuk menjembatani kerja sama antara lembaga dari dalam negeri dengan luar negeri. Pasalnya seringkali perguruan tinggi dalam negeri dan lembaga pendidikan atau non pendidikan kesulitan menjalin kerja sama internasional.

“Kami memfasilitasi kolaborasi ini mulai dari Memorandum Of understanding (MoU) hingga memorandum of agreement (MoA). Meskipun Unisma sudah beberapa kali melakukan kegiatan serupa sebelumnya. Misalnya 2 tahun lalu, kami menjadi tuan rumah penandatanganan MoU antara 20 PT luar negeri dengan100 PT dalam negeri, “ungkapnya.

Prof Junaidi melanjutkan, setidaknya ada lebih dari 400 lembagapendidikan atau non pendidikan serta PT yang sudah mendaftar untuk melakukan kerja sama dengan UMK. Melihat beragam bidang yang dimiliki UMK, bermacam juga kerja sama yang bisa dilakukan. Mulai dari studi lanjut yang memberikan beasiswa (Diskon bagi PT yang Jalin MoU), pertukaran pelajar, riset penelitian, hingga pelatihan.

“Kami atas nama Rektor menyampaikan terimakasih dan penghargaan kepada pimpinan UMK. Kami berharap apa yang kita hasilkan terus berlanjut pada MoU dan MoA. Yang pasti kami berharap semoga ada peningkatan kualifikasi pendidikan baik di Indonesia maupun di Malaysia” ungkapnya.

Sementara itu, wakil Rektor Bidang akademik dan Kerjasama UMK Prof. Dr. Mohd Rafi bin Yacoob mengatakan, UMK membuka secara luas kerja sama dengan Indonesia. Tentunya yang sesuai dengan bidang yang dimiliki UMK