Unisma Malang – Lembaga Riset MRI-SAAS China Jalin Kerja Sama Bidang Peternakan dan Pertanian

Rektor Unisma Malang Prof. Dr. H. Maskuri, M.Si melakukan menjalin kerjasama dengan Mr. Chen Kai, pimpinan Maize Research Institute Academy of Agricultural Sciences (MRI-SAAS) di ruang Rektor Universitas Islam Malang (UNISMA), dengan Penandatangana MoU di Gedung Umar bin Khottob, Jumat (23/8/2019).

Kegiatan penandatanganan kerja sama ini disaksikan oleh Plt. Bupati Malang, Drs. H. M. Sanusi, M.M, dan didampingi oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (DTPHP) Kabupaten Malang, Dr. Ir. Budiar Anwar, M.Si.

“Tujuan dari kerja sama penelitian ini adalah kerja sama dibidang pertanian dan peternakan yaitu penelitian di bidang peningkatan produktivitas Jagung dan Susu Sapi di Kabupaten Malang, ungkap Prof. Drs. H. Junaidi, M.Pd., Ph.D, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kerja Sama Unisma Malang.

Dengan adanya kerja sama ini, Rektor UNISMA, Prof. Dr. H. Maskuri, M.Si dan Plt. Bupati Malang Drs. H. M. Sanusi, M.M, berharap agar hasil-hasil rencana kerja sama pengembangan penelitian oleh Unisma Malang dengan MRI-SAAS China ini mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Malang melalui peningkatan produksi pertanian dan peternakan. Terlebih MRI-SAAS telah memiliki reputasi penelitian unggulan tingkat dunia di bidang pertanian dan peternakan. Lembaga ini telah bekerja sama dengan berbagai negara di penjuru dunia, antara lain Australia, Eropa, Amerika, dan beberapa negara di Asia.

Lebih lanjut, kepala kantor urusan Internasional (KUI) UNISMA, Dr. Imam Wahyudi Karimullah, MA, sebagai pemandu kegiatan Focus Group Discussion dengan tema “Initiating Collaboration in Research on Agricultural and Livestock Production between Unisma (Indonesia) and MRI-SAAS (China): Facilitated by Local Government of Malang Regency, menyampaikan bahwa dalam waktu dekat KUI bersama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unisma akan menindaklanjuti rencana kerja sama penelitian ini. Termasuk proses izin mitra luar negeri Unisma yang akan melaksanakan joint research dengan Unisma Malang.

“Hal ini merupakan peluang positif untuk mendesain program program yang bisa dikerja samakan bersama antara Unsima Malang , MRI-SAAS, dan Pemerintah Kebupaten Malang,” ungkap, Dr. H. Mochtar Data, M.Pd (Sekretaris Dewan Pembina Yayasan UNISMA) yang juga hadir membuka kegiatan Focus Group Discussion dengan MRI-SAAS, China.

Share this: