UNISMA RAIH PERINGKAT PERTAMA, KATEGORI PERGURUAN TINGGI NAHDLATUL ULAMA

Universitas Islam Malang ( Unisma ) dinobatkan meraih penghargaan pertama pada kategori Perguruan Tinggi Terbaik di Lingkungan Nahdlatul Ulama  pada acara Penghargaan Kampus NU terbaik Nasional Tahun 2020. Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Prof. Mohammad Nasir, SE., M.Ak., Ph.D Ketua Umum LPTNU PBNU.

Rektor Unisma Prof. Dr. H. Maskuri, M.Si mengatakan bahwa penghargaan diterima di even  Rapat Koordinasi Nasional Perguruan Tinggi NU se Indonesia yang dilakukan secara daring dan luring di ITSNU Pekolongan Jawa Tengah.

“Jadi, peringkat pertama yang kami raih ini berdasarkan penilaian yang dilakukan oleh Kemendikbud beberapa waktu lalu, yang dijadikan dasar oleh Pengurus Lembaga Pendidikan Tinggi NU PBNU” terangnya.

Prof. Maskuri menyatakan bahwa dirinya sangat bersyukur Unisma bisa memperoleh penghargaan peringkat pertama di akhir tahun, sekaligus memotivasi untuk berkreasi dan berinovasi terus menerus.

Sebelumnya Unisma telah meraih penghargaan masuk dalam 10 kampus terbaik di Jawa Timur. Pencapaian ini berdasarkan rilis Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tentang klasterisasi perguruan tinggi Indonesia tahun 2020.

“Kami Unisma meraih urutan ke-44 dari total 2.136 perguruan tinggi di Indonesia, tahun lalu memperoleh urutan ke 85,”terangnya. Atas pencapaian ini, Unisma berada pada klaster 2.

“Dari sisi kinerja kemahasiswaan di tahun 2020, Unisma juga berada di ranking 25 Besar PTN-PTS se Indonesia, berdasarkan perangkingan Kemendikbud 2020. Begitu juga secara nasional kinerja penelitian masuk dalam klaster utama,” imbuhnya.

Tak hanya itu, berdasarkan klasterisasi tersebut Unisma masuk kedalam jajaran top 10 perguruan tinggi negeri dan swasta di Jawa Timur. Selain itu, Unisma mendapat anugrah masuk dalam 5 kampus swasta unggul di Provinsi Jawa Timur.

“Alhamdulillah banyak prestasi yang kita peroleh, seperti sistem publikasi masuk 3 besar dari 328 PTS di Jawa Timur, yang diberikan olek Kepala LLDIKTI 7 Jawa Timur pada 10 Desember 2020,”terangnya.

Rektor berharap Unisma terus meningkatkan kualitas pendidikan dan melaksanakan tri dharma perguruan tinggi. ” Saya berharap terus melakukan inovasi dan membangun kemitraan nasional maupun internasional secara berkelanjutan,” tandasnya.