UNISMA SAMBUT PROGRAM KAMPUS MERDEKA, GENJOT PROGRAM MAGANG BERSERTIFIKAT DI BUMN

Universitas Islam Malang (Unisma) gencar menyambut kebijakan Kampus Merdeka dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Salah satunya yang saat ini terus ditingkatkan adalah Program Magang Bersertifikat di BUMN.

Ketua Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Relevansi Pendidikan (LP2RP) Unisma, Dr Dyah Werdiningsih, MPd, menyampaikan bahwa kampus kebanggaan Nahdlatul Ulama ini sebetulnya telah lama menerapkan Program Magang Bersertifikat di BUMN. Namun kali ini sejalan dengan kebijakan Kemendikbud, maka program bagus ini digenjot lagi.

“Unisma selama ini sudah menerapkan program magang bersertifikat di BUMN. Untuk tahun ini ini sekitar 60 mahasiswa akan mengikuti program magang di BUMN ini,” ungkap Dyah Werdiningsih, Jumat (28/02).

Program ini, imbuh dia, sangat relevan dengan program kampus Merdeka yang dicanangkan Menteri Makarim Nadiem. Tentunya program bagus ini harus disosialisasikan kepada Dekan, Kaprodi dan dosen-dosen di Kampus Hijau tersebut.

Sosialisasi magang industri dari Dirjen Dikti pun digelar dalam acara ini. Sosialisasi yang digelar bertujuan untuk menyambut program menteri pendidikan yang terbaru, yakni mengenai Kampus Merdeka.

“Selain mendapat materi kuliah, mahasiswa juga diwajibkan untuk mengikuti magang ini sesuai dengan kebijakan Kemendikbud yang baru tersebut,” paparnya.

Ia menambahkan, program Kampus Merdeka sendiri dicanangkan selama 5 semester itu untuk mendapatkan perkuliahan kemudian 3 semester mahasiswa dapat menempuh kuliah di luar. Sistem pendidikan di luar dapat dicontohkan seperti kuliah di desa, magang, dan KKN.

Ke depan Unisma akan terus meningkatkan jumlah kepersetaan program magang BUMN hingga tingkat serapan alumni Unisma di BUMN semakin banyak. Dengan demikian akan memperpendek masa tunggu dari lulusan kampus tersebut.

Dalam kesempatan yang sama, disosialisasikan juga program Webinar Dikti yang merupakan salah satu teknologi yang memungkinkan pengguna untuk mengadakan seminar, talkshow, diskusi dan kegiatan lainnnya yang dilakukan secara online atau menggunakan internet tanpa harus bertatap muka secara langsung.

Hadir dalam.kesempatan tersebut, Prof Ir Nizam MSc Phd dari Dikti, Dr Ir Paristyantati Nuwardani MP. Para narasumber ini menyosialisasikan program belajar kerja terpadu, hingga diharapkan lulus kuliah berbekal  pengalaman kerja profesional.

 

Share this: