IKU Berkualitas, Raih Hibah MBKM Rp 1,8 M

Universitas Islam Malang (UNISMA) memenangkan dana hibah Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Riset Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbud Ristek RI). Di akhir tahun 2021 Unisma berada di Klaster Utama Perguruan Tinggi Swasta yang mendapat dana hibah sebesar Rp 1,8 miliar, untuk enam paket penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Ada tiga penelitian utama, tiga pengabdian kepada masyarakat serta ditambah dua penelitian penunjang. Tiga penelitian utama tersebut, terdiri dari dampak MBKM terhadap mahasiswa Unisma, dosen dan tenaga kependidikan. Judulnya antara lain Dampak Implementasi Program MBKM terhadap Dinamika Performa Mahasiswa Universitas Islam Malang, Menilik Dampak dan Peran Dosen dalam Implementasi Program MBKM Guna Mendukung Optimalisasi Pencapaian IKU Universitas Islam Malang dan Analisis Dampak Implementasi MBKM bagi Kinerja Tenaga Kependidikan Universitas Islam Malang.

Wakil Rektor 1 Unisma, Prof. Dr. H. Junaidi, M.Pd., Ph.D., mengatakan Unisma berhasil memenangkan hibah ini berdasarkan penilaian ketat selama satu tahun terakhir. Kemendikbud Ristek melakukan penilaian pada Indikator Kinerja Utama (IKU). Diantaranya pada bidang MBKM, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. “Alhamdulillah kami mendapat kepercayaan mengelola dana hibah ini sebagai kampus yang berada di klaster utama,” katanya.

Riset dan pengabdian kepada masyarakat merupakan satu program yang sudah menjadi tradisi Unisma. Keberhasilan dalam meraih beberapa dana hibah menjadi bukti kualitas Unisma dalam menjalan tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Untuk mensukseskan program dana hibah ini Unisma melibatkan 7490 mahasiswa, 385 dosen, dan 351 Tenaga Kependidikan. Menurut Prof Junaidi, keberhasilan Unisma meraih dana hibah Program Penelitian Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan Pengabdian Masyarakat Berbasis Penelitian ini merupakan sebuah amanah besar guna meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan di perguruan tinggi. “Kami bertekad melampaui standar nasional pendidikan tinggi. Dengan capaian yang lebih itu diharapkan amanah dan kepercayaan kepada Unisma semakin meningkat,” tandasnya.