Perkuat Karakter, 4.236 Mahasiswa Ikuti Master Maba 2021

Kegiatan orientasi mahasiswa baru Universitas Islam Malang digelar dalam beberapa tahap. Setelah Oshika Maba dan Halaqah Diniyah, hari ini (15/9) dibuka tahapan ketiga yakni Master Maba (Masa Transformasi dan Pengembangan Karakter Mahasiswa Baru) 2021.

Acara pembukaan Master Maba dilaksanakan secara daring. “Untuk kali ini ialah Masa Transformasi dan Pengembangan Karakter bagi mahasiswa baru atau disebut Master Maba yang dilaksanakan setiap Rabu selama satu semester,” terang Wakil Rektor 3 Unisma, Dr Ir H Badat Muwakhid dalam sambutannya.

Kegiatan ini merupakan agenda rutin tiap penerimaan maba untuk standardisasi karakter bagi mereka yang menempuh pendidikan di Unisma. Karakter yang dimaksud adalah kecendikiawanan yang di dalamnya ada karakter Ilmiah, Karakter Islami dan Karakter Ke-Indonesiaan.

Sementara itu, dalam sambutannya, Rektor Unisma Prof Dr H. Maskuri MSi mengatakan bahwa para mahasiswa harus mampu berpikir kritis. “Kritis dan analisis terhadap keadaan atau dinamika sosial dengan mengembangkan daya nalar yang sebelumnya sudah didapat,” terangnya.

Salah satu output yang diharapkan ialah karakter komparatif selain kompetitif. “Menggabungkan antara ke-Islaman dan ilmu pengetahuan. Inilah keunggulan Saudara semua, karena dalam Islam ini ada spirit untuk memiliki banyak pemikiran, ini bisa menjadi batu loncatan yang bisa dibanggakan diri sendiri dan dapat dibagikan kepada umat,” pungkasnya.