HALAL CENTER UNISMA KINI MAMPU ANALISIS DNA BABI

Pada hari selasa tanggal 12 November 2019, Kepala Lab. Pusat dan Halal Center Unisma (Lab. PHC) Hj. Novi Arfarita, SP., MP., M.Sc., Ph.D dan teknisi Lab. PHC Unisma mengikuti Workshop mengenai “Analisis DNA Kualitatif dan Kuantitatif Menggunakan Easy Fast dan Fast Screen Kit Progenus” yang diselenggarakan oleh Halal and Thayyib Center UIN Maulana Malik Ibrahim Malang bertempat di Hotel Sahid Montana II Malang. Kegiatan ini juga menjadi ajang silaturahmi 5 Halal Center di Malang, sehingga lebih mempererat hubungan dan menguatkan networking bagi Lab. Pusat dan Halal Center Unisma (Lab. PHC).

Peserta yang mengikuti workshop tersebut berasal dari berbagai lab halal center diantaranya Halal center Universitas Islam Malang, Halal Center UB, Halal Center UMM, Halal Center UIN Maulana Malik Ibrahim, Dosen serta Mahasiswa UIN Maulana Malik Ibrahim dari jurusan Biologi, Teknik Kimia dan Farmasi.

Workshop ini bertujuan untuk mendeteksi kontaminasi babi dalam produk olahan daging dengan menggunakan analisis DNA oleh team PT. Sciencewerke. Deteksi kontaminan babi dalam produk olahan daging penting untuk diketahui karena babi dan turunannya merupakan titik kritis dari produk halal.

Kegiatan workshop dilaksanakan dengan membagi peserta menjadi 8 kelompok dan setiap kelompok diberikan produk olahan daging seperti ayam goreng, kornet dan bakso untuk di analisis DNA. Analisis DNA yang dipraktekkan dalam workshop ini oleh PT. Sciencewerke menggunakan Quantifikasi kontaminan dengan Real-time PCR dan Deteksi Cepat dengan berbasis LAMP.

Halal Center Universitas Islam Malang membekali teknisi cara analisis DNA menggunakan Real time PCR (qPCR) dan  Digital PCR (dPCR) yang berbasis LAMP untuk menambah skill teknisi Lab. PHC UNISMA dan dapat mendeteksi kontaminan babi dalam produk olahan daging. Ke depan Kepala Lab. Pusat dan Halal Center Unisma (Lab. PHC) merencanakan untuk memberikan pelatihan yang sama kepada Peneliti dan Laboran di Universitas Islam Malang.

Share this: