PERSIAPKAN DIRI, MAHASISWA HARUS KENALI DIRI SEJAK DINI

Persaingan dunia kerja yang kian sengit, memaksa perguruan tinggi untuk melakukan berbagai upaya untuk menghadapi tantangan tersebut. Seperti yang dilakukan Career Development Center (CDC) Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Relevansi Pendidikan (LP2RP) Unisma, yang menghadirkan Coach Career dari Universitas Gadjah Mada (UGM), Nurhadi Irbath, untuk membekali para mahasiswa, Sabtu (5/10).

Ratusan mahasiswa Unisma yang hadir mulanya diberondong sejumlah kuisioner online oleh Nurhadi. Mulai dari target waktu menyelesaikan studi di Unisma, rencana yang akan dilakukan setelah lulus, karir yang diimpikan, hingga target utama yang ingin diraih dalam hidup.

“Saya ingin kemberikan gambaran kecenderungan mahasiswa di Unisma seperti apa melalui kuisioner ini. Karena hal mendasar untuk memulai meniti karir yang baik adalah bagaimana kita mengenali diri sendiri,” jelasnya dihadapan para mahasiswa Unisma yang mengikuti Career days di Lantai 7 Gedung Pascasarjana Unisma tersebut.

Menurutnya, mengenali diri sendiri adalah hal yang harus dilakukan oleh mahasiswa sedini mungkin. Jangan sampai ketika sudah menyelesaikan studi masih belum menemukan arah jenjang karir sebenarnya yang ingin dituju.

Sementara itu, Wakil Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan Unisma Dr. Ir. Badat Muwakhid, MP menyampaikan bahwa melalui Career days seperti ini, harapannya mereka mampu mengaktualisasikan diri ditengah masyarakat. Jangan sampai ilmu yang telah didapat tidak teraplikasikan dengan baik, dan tidak memberi manfaat pada masyarakat sekitar.

Kepala CDC Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Relevansi Pendidikan (LP2RP) Unisma Dr. Dyah Werdiningsih, M.Pd menyebut, bahwa serangkaian kegiatan Career Days Unisma setidaknya akan dilaksanakan hingga pertengahan Oktober ini, terdiri dari Career coaching, Workshop Business Plan KBMI, Internship Preparation, Soft Skill for Job Creator & Job Seaker, Internship Preparation, hingga Recruitment Campus.