UNISMA USUNG KKN-PPM TEMATIK

 

Universitas Islam Malang (UNISMA) pada bulan Februari akan kembali mengirimkan mahasiswanya melaksanakan tugas KKN-PPM semenster gasal 2019-2020. Program KKN Unisma kali ini berbasis tematik (KKN tematik). Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, pelaksanaan KKN masih konvensional berbasis wilayah.

Rektor Unisma Prof. Dr. H. Maskuri, M.Si menegaskan, konsep KKN tematik fokus pada satu bidang, sesuai permasalahan kemasyarakatan dan arah kebijakan pembangunan yang diselenggarakan pemerintah. Misalnya bidang pendidikan anak usia dini, kesehatan, perekonomian atau yang lain. Sehingga tugas mahasiswa tidak bias pada masalah-masalah lain yang ada di masyarakat.

“Mahasiswa KKN harus fokus pada satu bidang,  tidak boleh pecah pada yang lain,” kata Maskuri, saat pembekalan KKN-PPM Tematik semenster gasal 2019-2020, Kamis (23/1) di Gedung Pasca Sarjana Unisma.

Dalam kesempatan tersebut Prof Maskuri memberikan orientasi tentang KKN tematik. Bukan lagi pembekalan. Ia mengatakan, kehadiran mahasiswa ke tengah masyarakat bukan sebagai kuli, tapi sebagai kreator yang mampu mengungkap satu permasalahan dan memberikan solusi bersama masyarakat.

Menurut Rektor Unisma, KKN tematik merupakan satu bentuk perubahan yang ditunjukkan Unisma dalam menghadapi berbagai tantangan dan persaingan tingkat tinggi saat ini.

“Perubahan itu penting untuk menuju daya saing yang berkemajuan. Maka Unisma tidak boleh mempertahankan budaya yang selama ini tidak memberikan perubahan,” tuturnya.

Saat pelaksanaan KKN-PPM nantinya mahasiswa akan dibentuk menjadi beberapa kelompok. Satu kelompok terdiri dari 10 mahasiswa dengan latar belakang keilmuan yang berbeda. Dengan demikian masing-masing mahasiswa dapat berperan sesuai bidangnya.

 

 

Share this: