FK UNISMA QUATTRICK LULUS SERATUS PERSEN UKMPPD

Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang (FK Unisma) meluluskan seratus persen mahasiswa di Ujian Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD) periode 2 atau Mei 2021 lalu. Istimewanya, ini merupakan catatan empat kali berturut-turut yang diraih FK Unisma.

Terbaru, UKMPPD yang diikuti oleh 22 mahasiiswa profesi dokter Unisma ini lulus seratus persen. Perlu ditekankan bahwa FK Unisma pertahun 2021 ini sudah tidak memiliki retaker atau peserta ujian yang harus mengulang di periode ujian berikutnya. Hal ini lah yang menjadi rekor khusus untuk FK Unisma.

Dekan FK Unisma, dr. Rahma Triliana, M.Kes., PhD mengatakan, raihan itu sebagai salah satu prestasi yang membanggakan bagi FK Unisma. Sebab, itu dapat dijadikan sebagi parameter kampus. “Hampir semua lulusan yang mengikuti ujian adalah first taker. Ada 20 first taker dan ada 2 retaker yang mengikuti UKMPPD Mei kemarin” tuturnya.

Lulus dengan status first taker tentu saja memberikan banyak keuntungan untuk mahasiswa. Di antaranya menjadi penentu untuk bisa mengambil pendidikan spesialis dan tentunya lebih banyak mendapatkan peluang kerja. “jadi manfaatnya sangat besar untuk pendidikan selanjutnya. Dan sangat menguntungkan di dunia kerja” terangnya.

UKMPPD dilaksanakan empat kali dalam dua semester yang diselenggarakan oleh Panitia Nasional Ujian Kompetensi (PNUK) Jakarta. Untuk mengikutinya mahaisswa harus melakukan beberapa proses. Pertama, harus mengikuti pendidikan profesi. Selanjutnya, mendaftar sebagai peserta ujian ke PNUK. Ujian terbagi menjadi dua kompetensi. Pertama, yaitu ujian kompetensi secara tulis atau computer based test (CBT) dan kompetensi kedua yaitu ujian praktik objective structured clinical examination (OSCE).