Universitas
Islam Malang

Tiga Prodi Unisma Malang Terakreditasi Internasional ASIIN Jerman

Universitas Islam Malang bergerak cepat untuk kebangkitannya yang kedua. Untuk memperkuat eksistensinya dikancah dunia. Tiga program studi Universitas Islam Malang Agribisnis, Agroteknologi dan Peternakan Unisma telah terakreditasi ASIIN (Akreditierungsagentur für Studiengänge der Ingenieurwissenschaften, der Informatik, der Naturwissenschaften und der Mathematik). Akreditasi ini berlaku mulai 24 Juni 2022 hingga 30 September 2027 mendatang.

Rektor Unisma Prof. Dr. Maskuri, M.Si mengatakan ini adalah awal dari kebangkitan kedua Unisma, yakni pengakuan di kancah internasional. Sehingga, beban yang diemban Unisma semakin besar. Bukan lagi merasa puas, namun atmosfer untuk mengawal perkembangan kampus terus ditingkatkan. Dia juga akan menargetkan sebanyak 30 prodi di Unisma terakreditasi Internasional di tahun 2026.

“Pertama mengawal dan mengembangkan berbagai bidang yang ada di Unisma oleh seluruh civitas Unisma. Kedua kepercayaan masyarakat semakin tinggi terhadap lembaga ini. Tak hanya pengakuan di nasional, namun internasional,” ujarnya.

Baginya untuk menuju World Class University banyak gebrakan yang telah dilakukan Unisma dalam waktu yang singkat. Di antaranya penguatan kolaborasi perguruan tinggi di dalam maupun luar negeri, outcome yang dihasilkan oleh sumber daya manusia, perombakan kurikulum sesuai dengan perubahan jaman, pengembangan sarana dan prasarana seperti perpustakaan hingga laboratorium. “Supaya mahasiswa keluar dari Unisma ini ia bukan hanya punya daya saing internal tapi bisa berdampingan dengan perguruan tinggi nasional maupun internasional,” tambah Prof Maskuri.

Wakil Rektor Bidang Kelembagaan, Publikasi dan Teknologi Informasi Dr Ir Hj Istirochah Pujiwati, MP menambahkan proses asesmen lapang yang dilakukan pada Februari oleh tim asesor dari Jerman sangatlah kooperatif. “Tim asesor punya trust terhadap dokumen-dokumen yang kami sajikan maupun jawabanjawaban atas pertanyaan yang diajukan. Dari hasil virtual tour mereka menyatakan impresif,” ujarnya.

Sebagai informasi Unisma juga telah melakukan submit akreditasi untuk program studi sosio­humaniora ke badan akreditasi FIBAA (The Foundation for International Business Administration Accreditation). Prodi itu yaitu S1 Manajemen, S1 Akuntansi, S1 Ilmu Hukum, S1 Administrasi Negara, S1 Bahasa Indonesia, S1 Bahasa Inggris dan S2 Bahasa Inggris.

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
On Key

Related Posts