MAHASISWA MIPA INOVASIKAN OBAT KUMUR BAHAN ALAMI

Mahasiswa Unisma Malang lolos PKM 2019 dengan mengusulkan proposal berjudul Nona Rama oral cavity cleaner Inovasi Obat Kumur Sebagai Antikariogenik. Tim di bidang PKM-Kewirausahaan ini beranggotakan Rukun Rahayu, Dinda Prasisca W, Eva Yuliana Pratama. Latar belakang mereka mengusulkan proposal itu sebab melihat masih banyak warga Indonesia yang kurang memperhatikan kebersihan gigi dan mulut.

Rukun menjelaskan obat kumur ini menggunakan bahan alami yang ramah lingkungan dan tentunya aman bagi kesehatan. “Kami menggunakan daun sirsak, daun sirih serta biji asam, kombinasi ketiga bahan tersebut mengandung senyawa-senyawa kimia alkaloid, phlobatannin, tannin, senyawa folifenol, dan flavonoid,” jelas Rukun.

Ia menambahkan ketiga bahan tersebut mengandung antibakteri terhadap bakteri Streptococcus Mutans, Porphyromonas gingivalis yang dapat menyebabkan kerusakan gigi. “Bahan ini juga dapat membuat nafas lebih segar,” tegasnya.

Selain itu bahan alami tersebut mudah didapatkan di Indonesia. Jadi Rukun bersama timnya yakin produk ini dapat terus diproduksi. Saat ini obat kumur Nona Rama hasil inovasi mahasiswa MIPA Unisma ini sudah dijual baik secara offline maupun online.

Share this: