Universitas
Islam Malang

Unisma Jalin Sinergi Pendidikan Dengan Uni Eropa

Forum Rektor Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama (PTNU) menggelar webinar internasional bertajuk Peluang Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama dalam Mengembangkan Jejaring Kerjasama dengan Uni Eropa yang bekerja sama dengan Universitas Islam Malang. Kegiatan yang berlangsung secara daring ini menghadirkan European Union Ambassador to Indonesia and Brunei Darussalam H.E Mr. Vincent Piket.

Rektor Unisma, Prof Dr. H. Maskuri, M.Si yang juga merupakan ketua Forum Rektor PTNU berharap bahwa PTNU bisa menjalin kerja sama di bidang pendidikan dan beasiswa dengan negara-negara di Uni Eropa. “Kerja sama internasional dengan Uni Eropa sangat penting bagi PTNU. Kita bisa berkolaborasi di bidang Pendidikan, riset, maupun kewirausahaan. Itu merupakan cita-cita besar kami,” ujar Prof Maskuri.

Menurut Ketua Forum PTNU tersebut, kerja sama internasional juga selaras dengan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang sudah diterapkan oleh Unisma “Dengan kerja sama itu, tentu kita bisa mengimplementasikan MBKM sehingga mendukung peningkatan kompetensi dan kualitas Unisma. Serta kesempatan ini juga membuktikan tagline Unisma yaitu Dari NU untuk Indonesia dan Peradaban Dunia,” paparnya.

Di samping itu, Mr. Vincent, Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia dan Brunei Darussalam menyambut baik rencana kerja sama bidang pendidikan dengan PTNU. Menurutnya, Uni Eropa membuka pintu seluas-luasnya bagi pelajar Indonesia. “Eropa merupakan tujuan populer para pelajar Indonesia. Lebih dari 4000 pelajar Indonesia setiap tahunnya menempuh pendidikan di Eropa. Selain itu, Uni Eropa memiliki program Erasmus memberikan 1200 beasiswa untuk pelajar Indonesia,” ungkapnya.

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
On Key

Related Posts